Cari Blog Ini

Jumat, 22 Maret 2024

Cara Menyikapi Kekalahan dalam Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 




Tenis meja dapat dijadikan sebagai olahraga rekreasi karena sifatnya yang menyenangkan bagi yang memainkannya. Tetapi tenis meja juga sebagai olahraga prestasi, dimana pemainnya dituntut untuk berusaha menang dalam sebuah kompetisi. Namun begitu, menang dan kalah adalah sebuah konsekuensi dari kompetisi itu sendiri. Dewi Fortuna tak selalu mendampingi kita meraih kemenangan, adakalanya kita harus menerima kekalahan saat mengikuti turnamen/ pertandingan. Lantas bagaimana kita menyikapinya?

Mulanya memang sulit saat menerima kekalahan yang tidak mengenakkan hati. Kita harus belajar menyikapi kekalahan dengan hati yang lapang agar tak mudah mengalami rasa putus asa. 

Sebagai pemain kita harus menjunjung tinggi nilai sportivitas, harus siap menerima kemenangan maupun kekalahan. Berikut beberapa cara menyikapi kekalahan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/12/siapkan-mental-untuk-siap-menang-dan.html?m=1

Yakin bahwa kita telah memberikan yang terbaik

Menang atau kalah itu hal yang wajar dalam kompetisi apapun. Ketika menderita kekalahan, tak perlu sampai menganggap diri kita sebagai pemain yang gagal dan tak berguna.

Yakin bahwa kalah bukanlah aib

Dalam suasana kompetisi pada sebuah pertandingan/ turnamen, semua pemain tenis meja mempunyai obsesi untuk meraih kemenangan. Beberapa ada yang terasa sulit menerima kekalahan, karena takut dipandang sebelah mata oleh pemain lain. Dalam situasi seperti ini kita harus menguatkan dan menyadarkan diri sendiri bahwa kekalahan bukanlah aib atau hal memalukan yang harus disembunyikan rapat-rapat.

Bahkan jika kekalahan dimaknai secara positif bisa menjadi bukti kalau kita sudah berjuang sampai akhir, sementara masih banyak orang yang memilih untuk mundur di tengah perjuangan mereka atau bahkan ada yang tidak berani mencobanya.

Ambil hikmahnya

Dari kemenangan kita mendapatkan kebanggaan, dari kekalahan kita mendapatkan pelajaran. Menang ataupun kalah sama-sama baik untuk kita. Terpenting adalah bagaimana cara kita menyikapi apa pun yang terjadi pada diri kita. 

Evaluasi diri

Kekalahan itu jelas ada penyebabnya, lawan terlalu tangguh atau kita yang masih banyak kelemahan. Jangan sampai menyalahkan diri sendiri, cukup lakukan evaluasi sebagai modal memperbaiki diri.

Dari evaluasi ini akan bisa ditemukan kelemahan kita. Sehingga kita tahu mana saja yang masih perlu ditingkatkan dan diperbaiki. 

Menyiapkan strategi baru

Setelah lebih memahami permainan sendiri, kita bisa mulai mencoba merancang dan menyiapkan strategi baru untuk membantu menjadi "the next winner". 

Jangan ragu jika harus menggunakan teknik-teknik yang tak biasa. Kita perlu menonjolkan sisi unik yang tak dimiliki pemain lain. Dengan melakukan banyak eksperimen, peluang meraih kemenangan akan semakin terbuka.

Kekalahan tak pantas untuk diratapi terus-menerus, karena ini merupakan bagian dari konsekuensi mengikuti pertandingan. Kekalahan juga tak selalu berarti buruk, hal ini tergantung dari bagaimana cara kita menyikapinya. Oleh karena itu, hadapilah kekalahan dengan lebih bijak.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar