Cari Blog Ini

Rabu, 27 Maret 2024

Apakah semua bola Pingpong itu sama ?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Varian warna bola pingpong menjadikan tenis meja semakin menarik, terutama bagi anak-anak, karena bisa dijadikan permainan yang menyenangkan. Apakah semua bola pingpong itu sama? Tentu tidak. Hanya bola putih atau oranye berdiameter 40mm dengan berat 2.7g saja yang legal untuk kompetisi.

Bola warna-warni yang biasa digunakan oleh anak-anak biasanya dikenal sebagai bola latihan atau bola praktek. Umumnya bola jenis ini lebih lembut dan paling cocok untuk pemain pemula.

Selain bola warna-warni tersebut, ada juga bola yang dipergunakan untuk latihan maupun  legal untuk kompetisi. Bola-bola ini ditandai dengan satu bintang, dua bintang dan tiga bintang. Apa maknanya?

Bola Satu Bintang

Bola satu bintang cocok digunakan di tempat-tempat seperti sekolah dan klub remaja. Masuk kategori bola untuk latihan, bola ini umumnya juga merupakan bola yang lembut dan mudah pecah saat dipukul dengan keras. Bola ini legal jika memenuhi syarat (putih / orange ukuran 40mm dengan berat 2.7 g)

Bola dua bintang

Bola dua bintang cocok digunakan oleh pemain pemula yang ingin meningkatkan kemampuan bermain. Bola ini juga dapat digunakan untuk latihan multiball (bola banyak), baik manual maupun menggunakan robot pelontar bola. Secara kualitas bukanlah yang terbaik, namun bola ini merupakan pengganti bola tiga bintang yang cukup bagus untuk latihan. Bola ini termasuk legal jika memenuhi syarat (putih / orange ukuran 40mm dengan berat 2.7 g)

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2024/03/mengapa-bola-pingpong-berwarna-putih.html?m=1

Bola tiga bintang

Bola tiga bintang merupakan bola dengan kualitas tertinggi yang tersedia dan merupakan satu-satunya tipe yang diberi wewenang oleh ITTF/ Federasi Tenis Meja Internasional. Jika kita serius bermain tenis meja, bola inilah yang kita butuhkan. Bola tiga bintang memenuhi semua persyaratan tes ketat yang ditetapkan oleh ITTF dan merupakan yang paling tahan lama.

Aturan tenis meja menyatakan bahwa bola dapat dibuat dari bahan plastik, seluloid atau sejenisnya, namun sejak tahun 2014 ITTF lebih mempromosikan bola plastik daripada bola seluloid. Meskipun kedua jenis tersebut masih berlaku, bola plastik tiga bintang adalah satu-satunya yang boleh digunakan dalam pertandingan ITTF, dan juga digunakan dalam banyak acara non-ITTF lainnya.

Sebagai pemain, kita dapat merasakan beda sensasi bola-bola tersebut berdasarkan kualitasnya. Semoga dapat membantu dan menambah wawasan kita tentang bola pingpong.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar