Cari Blog Ini

Sabtu, 16 Maret 2024

Metode Latihan agar Jago Bermain Tenis Meja


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Cara terbaik untuk menjadi jago bermain tenis meja adalah dengan banyak berlatih tanding/ sparing. “Latihan menjadikan sempurna”, itulah pepatah yang sering kita dengar, dan secara logika bisa dibenarkan.

Berlatih keras sangat membantu dalam meningkatkan keterampilan bermain. Namun berlatih dengan cerdas akan jauh lebih baik. Dan jika dipadukan antara berlatih keras dan berlatih cerdas akan menjadi metode latihan yang sangat baik.

Metode berlatih keras bisa melalui latihan multiball, dimana dalam latihan ini akan diajarkan bagaimana cara melakukan berbagai teknik memukul bola dengan baik dan benar, sehingga diharapkan keterampilan kita akan meningkat.

Berlatih multiball saja tidak cukup, pemain perlu memahami strategi dan teknik bermain. Hal ini bisa kita gali dengan berlatih tanding atau sparing yang menyenangkan.

Kita dapat mengembangkan pengalaman saat sparing, artinya kita dapat mengatasi rasa takut dan belajar mengendalikan rasa gugup/ grogi, dan kita juga belajar cara menangani berbagai situasi.

Saat sparing kita juga belajar bagaimana mengimplementasikan teknik yang kita miliki, dan sparing kita jadikan sebagai ajang simulasi pertandingan. 

Hal seperti ini memungkinkan kita menguji seberapa baik teknik kita bekerja, dan sebagai pembanding bagaimana keterampilan kita dengan keterampilan pemain lain. 

Jika tujuannya adalah untuk menjadi jago dalam bermain tenis meja, maka meluangkan waktu untuk berlatih sparing sangatlah penting untuk mencapai tujuan tersebut.

Keuntungan-keuntungan ini menunjukkan bahwa ada manfaatnya menggunakan sparing sebagai metode latihan yang baik, dan saya sepenuhnya yakin bahwa sparing adalah latihan yang berharga. Mencoba melakukan sparing sebanyak mungkin dengan berbagai macam partner adalah bagian penting dari perkembangan seorang pemain tenis meja.

Pemain mengembangkan pola dan kebiasaan (terkadang baik, namun seringkali buruk) yang dapat dieksploitasi. Kebiasaan umum yang dikembangkan pemain ketika berlatih tanding dengan pemain yang itu-itu saja, seringkali kita tidak menyadari bahwa ini adalah sebuah masalah! Jika ini terjadi, kita akan mengalami stagnasi, hanya mengimplementasikan teknik yang sama tanpa adanya improvisasi. Contohnya jika kita melawan si A, kita cukup dengan teknik tipuan bola tinggi karena kita tahu si A tidak dapat bertahan baik dengan teknik tersebut. Maka kita tidak akan pernah berkembang selama kita melakukannya, dan kita tetap terjebak dalam kebiasaan ini.

Sparing sangat membantu pemain untuk berkembang jika ada peluang untuk mempelajari keterampilan baru atau keterampilan lama untuk ditingkatkan dan disesuaikan. Jangan heran jika ada pemain yang rajin melakukan sparing akan cepat mengalami kemajuan yang berarti.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/11/konsep-dan-manfaat-sparing-partner-pada.html?m=1

Berlatihlah dengan keras dan cerdas hingga keterampilan yang kita kuasai bekerja dengan sempurna melawan semua pemain dengan level dan karakter permainan yang berbeda-beda.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar