Cari Blog Ini

Rabu, 13 Maret 2024

Kesalahan Umum dalam Bermain Tenis Meja dan Solusinya

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Banyak orang ketagihan bermain tenis meja setelah mencobanya. Kalah dan menang adalah hal biasa, tetapi justru akan membuat kita semakin penasaran. Membuat kesalahan dan kalah dalam bermain tenis meja adalah hal yang wajar. Kesalahan umum dalam tenis meja harus segera dicari solusinya jika ingin permainan meningkat.

Permainan tenis meja menjadi menyenangkan ketika kita dapat memecahkan masalah dan berhasil menerapkan solusinya secara permanen. Olahraga ini terus berkembang, dan inilah yang menjadikan permainan Tenis Meja begitu menantang dan menyenangkan bagi pemain yang mempunyai motivasi untuk tahu lebih banyak tentang teknik bermain tenis meja.

Kita bermain sebagai trial and error. Semakin banyak kesalahan yang kita lakukan, maka semakin cepat kita menjadi lebih baik karena kita dapat belajar dari kesalahan tersebut. Untuk mempercepat proses itu, ada baiknya juga belajar dari kesalahan yang dilakukan pemain lain. 

Beberapa kesalahan umum dalam tenis meja:

Pegangan yang terlalu kuat

Kesalahan umum : kita memegang blade/bet terlalu keras.

Artinya : Karena lengan-tangan bet kita kaku, kita kehilangan rasa atau kendali, dan kemampuan untuk melakukan putaran, dan hal ini menyebabkan hilangnya bola atau peluang.

Solusi : Pegang raket selonggar dan sefleksibel mungkin ( benar-benar longgar ).  Latih pukulannya dengan baik, dengan cengkeraman yang lebih baik.

Sikap buruk

Kesalahan umum : kita berdiri di atas tumit dan punggung kita terasa berat.

Artinya : kita salah keseimbangan sehingga pukulan kita menjadi panjang atau terlalu lemah. Kita juga terjebak dan terlambat untuk pukulan berikutnya.

Solusi : Selalu berdiri dengan kaki depan dan condongkan tubuh sedikit ke depan. Dan cobalah untuk lebih “mengambang” dengan kaki kita, siap untuk bergerak sedikit ke belakang (atau ke samping) saat kita membutuhkannya.

Tidak ada posisi siap

Kesalahan umum : kita tidak berlatih posisi siap.

Artinya : kita membuka bagian meja untuk tembakan kuat lawan, atau kita terlambat untuk mengembalikan bola.

Solusi : Selalu kembali ke posisi siap segera setelah setiap pukulan, atau setidaknya berusaha melakukannya. Posisi siap kita tidak selalu sama. Posisi siap tergantung di mana dan bagaimana lawan meletakkan bola.

Posisi yang buruk untuk pukulan

Kesalahan umum : kita menggerakkan lengan sebelum kaki.

Artinya : kita salah masuk stroke dengan resiko kegagalan yang tinggi.

Solusi : Selalu gerakkan kaki kita ke posisi yang benar sebelum melakukan pukulan berikutnya. Hanya dengan begitu kita dapat melakukan pukulan yang sama secara konsisten.

Pukulan forehand terlalu jauh ke belakang

Kesalahan umum : kita melakukan pukulan forehand pada bagian samping tubuh kita. Kira menahan siku terlalu jauh ke belakang, baik dengan badan maupun di belakang badan.

Artinya : Pukulan forehand kita menjadi terlalu lemah, atau setidaknya kurang kuat dari yang seharusnya. Selain itu, kita tidak dapat beralih dengan cepat antara forehand dan backhand.

Solusi : Titik kontak bola pukulan forehand kita harus berada di depan tubuh kita. Ini harus hampir sama dengan pukulan backhand kita. Tekuk lutut kita, condongkan tubuh sedikit ke depan, dan untuk pukulan forehand, pegang siku agak di depan tubuh kita, dan belajarlah untuk memukul bola di depan kita sepanjang waktu.

Terlalu bersemangat

Kesalahan umum : kita terlalu bersemangat.

Artinya : kita tidak mendapatkan pukulan yang bagus.

Solusi : Tenang saja, bermainlah dengan santai, kita punya waktu.

Tidak ada ledakan

Kesalahan umum : kita memulai pukulan terlalu dini dan menyerang terlalu lambat.

Artinya : Pukulan menjadi terlalu lemah. Atau kita mendapatkan tembakan yang lemah atau meleset.

Solusi : kita memerlukan momentum, akselerasi, tenaga, dalam pukulan serangan kita. Tunggu bolanya, perbaiki posisi pukulan bola pada lintasannya dan kasih ledakan pada saat terjadi kontak bola.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2021/07/evaluasi-sbg-barometer-kemajuan-kita.html?m=1

Itulah beberapa kesalahan umum pada tenis meja dan bagaimana solusinya. Tidak ada yang instan, semua membutuhkan latihan secara rutin. Jangan takut mencoba dan implementasikan ketika kita sedang play game.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar