Cari Blog Ini

Senin, 04 Maret 2024

Tips Recovery Yang Efektif Pasca Pertandingan Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja merupakan olahraga yang membutuhkan kebugaran tubuh pemainnya pada setiap pertandingan. Pada kelas penghobi, setiap Sabtu/ Minggu selalu ada pertandingan / turnamen yang digelar. Pandai-pandailah memilih dan mengatur waktu kapan untuk berlatih dan mengikuti pertandingan. Perhatikan signal tubuh untuk recovery/ pemulihan pasca pertandingan agar tubuh tetap bugar.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2021/07/kelelahan-berlebih-fatigue.html?m=1

Jika melihat waktu pertandingan yang begitu banyak, bagaimana kita bisa menampilkan permainan terbaik? Sedangkan pemain juga dituntut untuk berlatih rutin, sehingga waktu pemulihan efektif menjadi mepet ke pertandingan selanjutnya. Padahal proses tersebut sangat penting agar penampilan di lapangan tetap berada pada level yang bagus.

Recovery itu penting bagi pemain, apalagi berbicara tenis meja yang mempunyai jadwal pertandingan dan latihan sangat padat. 

Namun, ada beberapa cara untuk memaksimalkan waktu pemulihan yang mepet: 

Lakukan peregangan usai bertanding

Tidak hanya sebelum pertandingan, usai pertandingan pun usahakan untuk melakukan peregangan. Hal ini ditujukan untuk membantu mendinginkan otot dengan melepaskan asam laktat yang terbentuk sepanjang pertandingan dan mendapatkan kembali kelenturan.

Istirahat

Istirahat yang cukup. Meski hanya satu hari, waktu istirahat harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik. Pemain yang bertanding wajib membuat dirinya rileks saat masa jeda tidak bertanding.

Berendam di air es

Berendam di air es menjadi cara paling jitu, karena atlet dunia sudah banyak yang mengadopsi cara ini. Hal ini dilakukan untuk merangsang stimulasi otot. Pasca bertanding biasanya otot seperti “pecah”. Berendam di air es sangat membantu untuk pemulihan dan meregenerasi sel-sel pada otot.

Perhatikan asupan makanan

Ketika menjalani recovery / pemulihan, asupan makanan harus tinggi protein, karena protein sangat baik untuk meregenerasi sel-sel otot dengan cepat. Contoh makanan yang bisa dikonsumsi dalam masa pemulihan adalah daging ayam bagian dada, ikan salmon, ikan tuna, dan ikan makerel. Pemain juga tidak boleh meninggalkan karbohidrat, terutama karbohidrat kompleks yang biasanya didapat dari kentang.

Minum suplemen tambahan

Selain kebutuhan di atas, bagi para pemain yang mengikuti turnamen dengan jadwal super padat disarankan untuk minum suplemen tambahan. Dengan suplemen tambahan, sel-sel otot yang biasanya "pecah" pasca pertandingan bisa segera meregenerasi. Satu hal yang juga patut diingat, pemain yang mengikuti turnamen dengan jadwal padat wajib mengatur pola tidur, jangan sampai terlalu larut malam.

Belajar menyikapi secara bijaksana, karena kemampuan tubuh berbeda-beda pada setiap pemain. Jangan hanya karena nafsu yang besar mengalahkan signal tubuh yang seharusnya minta diistirahatkan sejenak. Jika ini terjadi bisa membahayakan pemain itu sendiri. Hindari kelelahan berlebih/ fatigue saat berlatih atau bermain.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar