Cari Blog Ini

Jumat, 08 Maret 2024

Pengaruh Psikologis Terhadap Pemain Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Olahraga tenis meja merupakan olahraga yang rumit, sehingga membutuhkan ketelitian dalam bermain. Oleh karena itu pemain tenis meja dituntut 100% konsentrasi dalam bermain. 

Konsentrasi sangatlah penting, namun itu saja tidak cukup. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan stabilitas mental dalam bermain, yang pada gilirannya akan membantu kita mengelola emosi, dan pada akhirnya membuat kita memenangkan lebih banyak pertandingan. 

Bagaimana mengelola psikologis saat bermain?

Fokus pada proses, bukan pada hasil. Menang atau kalah adalah hasil yang harus diterima oleh setiap pemain. Untuk tujuan jangka panjang, memprioritaskan bermain sebaik mungkin jauh lebih masuk akal ketimbang berorientasi harus menang.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/10/psikologi-tenis-meja-perlukah.html?m=1

Ada kalanya dalam mengikuti sebuah pertandingan kita mentargetkan juara, tentu harus melalui analisis. Misalnya kita memetakan kekuatan calon lawan di atas kertas secara logis. Namun kita tetap tidak bisa lepas fokus untuk bermain sebaik mungkin. Jika dapat mengontrol permainan dengan baik, secara langsung akan mempengaruhi persentase kemenangan kita. 

Bermain bagus akan memberi peluang menang lebih besar, dan jika kita kalah tetapi sudah bermain bagus, kita tidak akan terpuruk, karena tujuan kita adalah bermain bagus sejak awal. Mindset seperti ini juga jauh lebih bermanfaat dalam jangka panjang.

Jika kita terus fokus pada peningkatan dan bermain bagus, seiring berjalannya waktu kita akan berkembang jauh lebih baik dibandingkan seseorang yang tidak peduli bermain bagus dan hanya ingin menang.

Jika mindset kita hanya berkata "saya harus menang" tanpa memikirkan bagaimana prosesnya, hal ini hanya akan memberikan tekanan ekstra pada diri sendiri yang akan berubah menjadi frustrasi ketika kita mengalami kekalahan.

Jangan tertipu oleh hasil dengan berpuas diri pada setiap kemenangan. Hasil jangka pendek tidak terlalu penting. Yang terpenting adalah berkembang sebagai pemain dan bersenang-senang bermain tenis meja.

Jangan pernah meremehkan atau melebih-lebihkan lawan. Resikonya cukup mudah untuk dipahami. Kita harus menghormati setiap lawan,  terlepas dari divisi atau ranking mereka..

Jika kita melawan pemain berperingkat lebih rendah, tetap keluarlah dan mainkan permainan seolah-olah sedang bermain melawan seseorang yang levelnya sama dengan kita. Berkonsentrasi penuh pada setiap poin.

Sebaliknya, jika kita menjadi underdog dalam sebuah pertandingan dan kita berpikir lawan mungkin lebih baik dari kita. Hal seperti ini akan menjadi masalah, karena secara psikologis kita tidak akan terlalu berkonsentrasi peluang untuk menang akan sangat berkurang. 

Tenangkan diri ketika bermain, lakukan rutinitas berpikir di setiap antar poin untuk mengurangi kecemasan. Jaga konsentrasi agar mental juga tetap terjaga dengan baik. Karena dalam tenis meja, yang terpenting adalah poin berikutnya dan apa yang dapat kita lakukan untuk memenangkannya. 

Psikologis pemain sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan dicapai. Bangun mindset secara positif dengan fokus pada proses yang kita jalani, karena sebuah proses tak akan pernah mengkhianati hasil.


Semangat sehat dan salam 🏓




Tidak ada komentar:

Posting Komentar