Cari Blog Ini

Kamis, 21 Maret 2024

Cara Mengatasi Rasa Minder pada Tenis Meja


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Pemain tenis meja yang belum "matang" biasanya akan merasa minder jika bermain dengan pemain beda level (lebih bagus) hal ini sangat manusiawi. Tetapi tahukah kalian jika rasa minder hanya akan membuat terus-terusan terdiam, tak melakukan perubahan apapun, dan menunda untuk mencapai keberhasilan? Tentunya dapat menghambat kemampuan diri sendiri untuk berkembang, berubah dan menghambat pencapaian yang baru. 

Ada beberapa cara sederhana dan mudah yang bisa dicoba agar tidak menjadi seorang pemain yang mudah minder. 

Salah satunya adalah dengan cara tetap bersyukur dengan kemampuan yang sudah kita kuasai. Kita memang tidak bisa membuat pilihan ingin dilahirkan denganmemiliki gen juara atau tidak. Itu semua diluar kendali kita, karena gen yang ada di dalam diri kita hadir tanpa pernah bisa kita atur sendiri.

Kita perlu menyadari dan berdamai dengan kenyataan seperti itu dengan menerima diri kita apa adanya. Kita terlahir dengan keunikannya masing-masing. Kita harus bersyukur, karena di luar sana masih ada pemain lain yang tidak seberuntung kita. Jaga diri kita untuk tidak selalu melihat ke atas.

Buatlah jadwal latihan untuk diri sendiri, sehingga aktivitas dan rutinitas latihan yang kita lakukan dapat dinikmati dan meningkatkan kualitas permainan. Perluaslah jaringan dan pengalaman baru dengan bersosialisasi atau bergabung dalam komunitas tenis meja yang cocok, sehingga akan memberi pengaruh positif dalam perjalanannya.

Berangkat dari situ, perlahan-lahan bisa menjadi seorang pemain yang lebih percaya diri. Sebab akan ada banyak pengalaman dan pelajaran yang bisa membantu kita untuk lebih bersemangat dalam menjalani latihan tanpa terus merasa minder.

Merasa minder muncul karena melupakan kelebihan yang kita punya. Mencobalah menemukan kelebihan dalam diri kita. Beri prioritas khusus untuk meningkatkan kelebihan yang kita punya. Asah kelebihan yang kita miliki, dengan fokus mengasah kelebihan diri bisa membantu kita untuk termotivasi menjadi pemain yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Luweskan gerakan-gerakan saat kita bermain, sehingga akan memunculkan perasaan lebih baik tentang diri kita.

Dengan giat berlatih tenis meja dapat meningkatkan kepercayaan diri. Ketika permainan membaik, maka hal ini membuat kita merasa lebih percaya diri. Berbicara kekurangan terhadap apa yang kita miliki hanya untuk evaluasi guna memperbaiki, selebihnya bicaralah yang positif saja tentang diri kita.

Memiliki jadwal latihan teratur dan istirahat cukup sangat membantu menyehatkan tubuh. Kurang tidur misalnya, dapat meningkatkan emosi, sedangkan tidur yang baik dan berkualitas telah dikaitkan dengan ciri-ciri kepribadian yang positif, termasuk optimisme dan harga diri.

Catat prestasi atau capaian yang pernah kita raih, karena hal ini dapat menghapus rasa minder. Cobalah teknik-teknik baru untuk membantu membuat pencapaian dan prestasi baru. Sekalipun ada kegagalan yang harus dihadapi, teruslah mencoba jangan berhenti ditengah jalan.

Sekecil apa pun pencapaian itu, kebahagiaan dan kepuasan batin akan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Biasanya ketika kita berhasil membuktikan sesuatu dan mencapai sesuatu, rasa minder akan terganti dengan rasa percaya diri dan bangga.

Membangun rasa optimis dapat membantu menumbuhkan rasa sayang pada diri, mengatasi keraguan diri, dan siap menghadapi tantangan baru. Katakan saja, "aku bisa"!.

Buanglah sejauh mungkin self-talk negatif, karena hal ini dapat membatasi kemampuan dan menimbulkan rasa minder dengan meyakinkan alam bawah sadar kalau sesuatu hal yang dihadapi itu sulit.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2021/07/percaya-diri.html?m=1

Cara menghilangkan rasa minder terdengar mudah, tapi tak semudah membalikkan telapak tangan. Hindari pergaulan yang tidak positif, cari komunitas yang memiliki tujuan untuk membangun orang-orang yang ada didalamnya. Orang-orang yang memberi kritik atau saran untuk menjadi yang lebih baik tanpa saling menjatuhkan.

Cara menghilangkan rasa minder dimulai dengan mencintai diri sendiri. Bentuk cinta pada diri sendiri dapat dilakukan dengan cara yang paling sederhana namun bisa bikin perubahan yang besar. Menyempurnakan pukulan yang kita kuasai menjadi cara yang baik untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Itulah rasa. Apakah kita ingin terus-menerus memelihara rasa minder? Perbanyak bersyukur kepada Sang Pencipta .Yuk, kita mulai saja menggali kelebihan diri sendiri, ya!

Nah agar tidak minder, berusahalah menghargai diri sendiri. Teruslah berlatih tenis meja untuk meningkatkan keterampilan bermain.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar