Cari Blog Ini

Rabu, 20 Maret 2024

Pertama Kali Bermain Tenis Meja? Ini Dia Tips Buat Pemula


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja adalah olahraga permainan dengan menggunakan bola kecil, dan pemukul berupa bet yang dilapisi karet. Baru pertama kali bermain tenis meja? Jangan khawatir, karena ada beberapa tips untuk mempelajarinya.

Selain sebagai olahraga prestasi, tenis meja juga dapat dijadikan alternatif sebagai olahraga rekreasi. Tenis meja dapat dimainkan dengan gembira dan banyak manfaat yang bisa kita rasakan dari olahraga ini.

Olahraga tenis meja dapat membantu menyelaraskan gerakan tubuh dan tangan, melatih refleks dan membantu menjaga kesehatan otak.

Selain gerakan fisik, bermain tenis meja juga membantu memperlancar aliran darah ke otak, dan membantu meningkatkan keseimbangan tubuh.

Jika kita termasuk pemula dalam bermain tenis meja, kita bisa menerapkan beberapa tips untuk memainkannya.

Tips yang pertama, kita sebagai pemula dianjurkan untuk mengenal dasar-dasar pemainan tenis meja terlebih dahulu, seperti bagaimana cara memperoleh poin, cara servis dan peraturan dasar lainnya.

Selanjutnya, kita juga harus mempelajari dasar-dasar teknik olahraga tenis meja, dari mempelajari posisi dan gerakan tubuh, cara memegang bet yang benar dan gerakan kaki saat bermain, 

Latihan servis sebagai teknik pukulan dasar sangatlah penting. Pelajari berbagai jenis servis, seperti servis pendek, panjang, samping dan belakang.

Selain servis, kita juga sebaiknya fokus melatih teknik pukulan dasar seperti forehand, backhand, topspin, backspin, dan drive.

Disamping teknik dasar, kita juga perlu melatih kontrol dan akurasi pukulan dengan mengarahkan bola ke titik-titik tertentu di meja.

Namun semua itu hanya akan bisa dicapai jika kita konsisten dalam latihan. Latihan secara teratur untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan. Konsistensi juga membantu menguatkan otot-otot yang digunakan dalam permainan.

Tak cukup itu, koordinasi mata dan tangan serta gerakan kaki juga harus diasah dengan latihan-latihan ringan, misalnya dengan latihan memantulkan bola memakai bet dengan menjaga keseimbangan. Dengan demikian stabilitas dan fleksibilitas bisa kita dapatkan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/11/kesalahan-pemula-dalam-tenis-meja-dan.html?m=1

Cobalah bermain bersama teman dengan gembira untuk melatih keterampilan dan teknik.

Jangan lupa, gunakan peralatan (bet) yang sesuai dengan tingkat keahlian dan kenyamanan kita. Peralatan yang cocok dapat membantu meningkatkan permainan. Teruslah berlatih dengan kesabaran dan penuh dedikasi untuk memperbaiki keterampilan.

Semangat memulai berlatih tenis meja dan nikmati prosesnya, semoga tips di atas dapat membantu.


Semangat sehat dan salam 🏓







Tidak ada komentar:

Posting Komentar