Cari Blog Ini

Kamis, 14 Maret 2024

Tips Tenang Bermain Tenis Meja Saat Mendapat Tekanan dari Lawan


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja merupakan olahraga yang populer di masyarakat. Dalam tenis meja hal yang paling dibutuhkan saat bermain yaitu ketenangan, baik tenang dalam situasi normal maupun tenang ketika mendapat tekanan/ pressure dari lawan maupun suporter lawan.    

Tekanan biasanya terjadi ketika kita sedang tertinggal poin ataupun pada posisi poin kritis. Jalan satu-satunya untuk mengatasinya adalah dengan menjaga ketenangan diri.

Ketenangan itu sangat penting dalam sebuah pertandingan tenis meja. Jika tidak tenang dalam pertandingan, kemenangan yang sudah di depan mata bisa hilang. Disaat pemain dalam situasi tenang, maka memudahkan kita  untuk bisa memikirkan cara yang efektif dalam memutuskan strategi atau taktik yang akan kita terapkan, baik sedang bermain menyerang maupun bertahan.

Upaya menjaga ketenangan ketika mendapat tekanan bagi sebagian pemain bukanlah hal yang sulit. Seseorang yang bisa tetap tenang dan fokus ketika mendapat tekanan dari lawan merupakan petenis meja yang handal dan matang secara mental.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/07/ketagguhan-mental-tidak-penting-dalam.html?m=1

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/11/cara-menjatuhkan-mental-lawan-dalam.html?m=1

Berikut tips agar kita tetap tenang dalam bermain tenis meja, meskipun dalam posisi mendapat tekanan dari lawan: 

Hembuskan napas: Tarik napas dalam-dalam di antara titik-titik. Kedengarannya sederhana, tetapi ini membantu menjaga pikiran kita tetap terkendali dan saraf menjadi tidak tegang (lebih rileks)

Fokus pada poinnya, bukan pada skornya: Jangan terlalu terpaku pada skor. Berkonsentrasilah untuk memainkan poin demi poin terbaik kita, hal ini membuat segala sesuatunya tidak terlalu membebani.

Hanya getaran positif: Terus mengalirkan pikiran positif itu. Jika kita melakukan kesalahan, abaikan saja dan fokuslah pada poin berikutnya. Berpikir positif dapat memberikan keajaiban bagi permainan mental kita.

Miliki rutinitas: Kembangkan rutinitas yang sudah ditentukan sebelumnya. Menyeka meja dengan tangan, memantulkan bola beberapa kali atau meluangkan waktu sejenak untuk memvisualisasikan tembakan yang berhasil dapat membantu menciptakan rasa konsistensi dan ketenangan.

Terimalah tantangannya: hindari stres, pandang setiap pertandingan sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang. Terimalah tantangan ini, dan ingat, membuat kesalahan tidak masalah, itulah cara kita menjadi lebih baik.

Tersenyumlah: tersenyum bisa menipu otak kita agar merasa lebih rileks. Ketika ada ketegangan pikiran saat bermain, berikan sedikit senyuman untuk memecah ketegangan.

Ini bukan hanya tentang keterampilan fisik; permainan mental yang kuat dapat membuat perbedaan besar di lapangan. Nikmati permainannya! Tetap bersantai di lapangan tenis meja bisa menjadi pengubah permainan!


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar