Cari Blog Ini

Selasa, 05 Maret 2024

Meninggal Saat Bermain Tenis Meja, kok bisa?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Kasus orang meninggal mendadak cukup sering terjadi saat sedang berolahraga atau setelahnya, padahal dari segi usia masih terbilang muda. Kasus seperti ini seringkali membuat orang-orang di sekitarnya kaget, apalagi jika korban tersebut dikenal memiliki gaya hidup sehat dan rajin berolahraga termasuk tenis meja. Kok bisa?

Berdasarkan pengalaman dan hasil pemeriksaan dokter pada korban di rumah sakit, kondisi ini terjadi karena kemungkinan orang tersebut sudah mempunyai penyakit jantung bawaan, misalnya masalah katup jantung atau listrik jantung.

Tidak sedikit pemain atau orang yang hobi berolahraga memiliki riwayat darah tinggi. Hal ini terjadi karena pola makan yang tidak dijaga  sebelumnya, sehingga menjadi pemicu tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Orang yang terlihat sehat-sehat saja dan rajin berolahraga bisa meninggal mendadak karena penyakit ini, karena ketidaktahuannya atas resiko penyakit jantungnya sendiri. Idealnya sejak usia 20 tahun kita sudah melakukan medical check up secara rutin.

Orang yang rajin berolahraga atau bermain tenis meja akan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi dengan kesehatannya. Tetapi kita harus ingat dengan kemampuan tubuh kita, sesuaikan latihan yang akan dijalani, jangan sampai kita mengalami kelelahan berlebih atau fatigue.

Pencegahan kematian dini akibat penyakit jantung bisa dengan skrining atau deteksi dini dengan rekam jantung. Hal ini ditujukan untuk mendeteksi dan identifikasi kelainan jantung sebelum mengikuti latihan tenis meja atau olahraga lainnya.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/09/waspadai-gejala-serangan-jantung-saat.html?m=1

Yang perlu kita perhatikan dan evaluasi sebelum memulai aktivitas olahraga adalah riwayat penyakit, riwayat penyakit keluarga, level aktivitas fisik yang akan dijalani, serta latihan fisik sebelumnya untuk mencegah risiko meninggal saat bermain tenis meja atau berolahraga lainnya.

Selain pemeriksaan kesehatan, konsultasikan juga dengan dokter tentang olahraga apa yang cocok kita jalani. Olahraga dadakan, meninggal mendadak? No Way !!

Yuk bijaksana dalam berolahraga!!


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar