Cari Blog Ini

Kamis, 28 Maret 2024

GOR Tenis Meja Rumahan Ideal, seperti apa?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Gedung olahraga mempunyai peran penting dalam permainan tenis meja. Bagaimana tidak? Semua kegiatan tenis meja mayoritas dilakukan di dalam ruangan (indoor) agar bisa tetap bermain walaupun cuaca tidak bersahabat sekalipun. Namun banyak pemain mengeluhkan kurang nyaman bermain di "GOR Rumahan" dengan beberapa alasan. Lantas GOR tenis meja seperti apa yang nyaman dan aman bagi pemain? 

GOR tenis meja rumahan selain untuk memfasilitasi para penghobi dan pemain tenis meja, juga sebagai bisnis yang menjanjikan bagi pemilik/ pengelolanya. Yang ideal tentu yang memenuhi beberapa kriteria "standar" seperti keamanan dan kenyamanan bagi pemain maupun penonton. Meja pingpong berkualitas, luas lapangan, jenis lantai, lampu penerangan dan cat dinding harus diperhatikan oleh pengelola. Faktor pendukung lainnya seperti toilet, mushola, kantin, tabung oksigen, sirkulasi udara, tempat istirahat pemain dan penonton juga tak kalah penting. Dan pada kesempatan ini, penulis hanya akan membahas beberapa kriteria saja yang sering dikeluhkan oleh pengunjung.

Cat dinding

Khusus untuk cat dinding, usahakan tidak sama dengan warna bola (putih dan atau oranye). Dinding yang sama dengan warna bola dapat mengganggu penglihatan pemain terhadap datangnya bola., sehingga pemain tentu akan terganggu kenyamanan bermainnya.

Lantai

Untuk lantai, sesuaikan dengan sepatu khusus pingpong yang mayoritas outsolenya terbuat dari bahan karet. Hal ini harus diperhatikan agar tidak licin dan tidak menimbulkan resiko pemain tergelincir.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/tips-memilih-sepatu.html?m=1

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/tips-memilih-sepatu-untuk-tenis-meja.html?m=1

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/tips-memilih-sepatu-untuk-tenis-meja_29.html?m=1

Lampu penerangan 

Pasang lampu yang terang tetapi tidak menyilaukan. Sesuaikan dengan ketinggian atap GOR nya juga agar pemain tidak merasa kepanasan saat bermain.

Tabung oksigen dan obat-obatan 

Benda yang satu ini seringkali dilupakan (diabaikan-red) oleh pengelola GOR. Sebagai antisipasi jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan oleh kita semua, rasanya tabung oksigen dan obat-obatan wajib ada. Tetapi semua pasti berharap datang ke GOR untuk sehat, sehingga tidak memerlukan peralatan tersebut.

Tempat istirahat pemain dan bangku penonton

Pemain membutuhkan tempat istirahat dengan sirkulasi udara yang cukup. Dan penonton juga memerlukan bangku agar bisa nyaman menonton tanpa harus sampai mengganggu pemain yang sedang bermain. Sehingga pengunjung (pemain dan penonton) akan betah berlama-lama untuk berada di GOR. Dengan demikian keberlangsungan kantin juga akan meningkat.

Pihak pengelola harus memperhatikan beberapa kriteria di atas, atau jika belum bisa mengimplementasikan semua, minimal dengan skala prioritas mana yang lebih dibutuhkan oleh pengunjung.

Hal ini penting, agar keberlangsungan GOR dapat bersaing dengan kompetitor mengingat semakin menjamurnya tempat latihan tenis meja di suatu wilayah.


Semangat sehat dan salam 🏓




Tidak ada komentar:

Posting Komentar