Cari Blog Ini

Kamis, 17 Oktober 2024

Ada Pemula Bertanya, Karet Bintik Pada Tenis Meja Fungsinya Untuk Apa?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 



Bet (kayu dan karet) menjadi alat paling penting dalam tenis meja selain meja dan net, sehingga menjadi topik paling menarik sebagai bahan diskusi, terutama tentang karet.

Jenis dan karakter karet sangatlah beragam, baik jenis licin maupun bintik. Jenis karet licin biasanya dilapisi spons di bagian bawah, baik karet normal maupun antispin. Beda ketebalan spons akan berbeda pula fungsi dan efek kontrolnya. Spons yang lebih tipis akan memberikan kontrol yang lebih baik, sedangkan spons yang lebih tebal akan memberikan kecepatan yang lebih tinggi. 

Begitu juga dengan karet bintik pada tenis meja, bahkan ada yang OX atau tanpa spons. Fungsinya adalah agar kontrolnya semakin bagus sehingga diharapkan dapat memaksimalkan performa bermain. 

Bagi pemain pemula, melawan pemain berkaret bintik seringkali menjadi momok menakutkan, karena karakternya yang aneh. Karakter karet bintik panjang khususnya bersifat meneruskan putaran bola, sehingga jika mengumpan bola kosong, jika diterima dengan bintik panjang maka akan kembali dengan bola isi, demikian sebaliknya.

Bagi pemain yang sudah paham rumusnya dalam melawan pemain berkaret bintik, maka bukan lagi menjadi hal menakutkan. Bagaimana rahasia cara melawan pemain berkaret bintik panjang?

Baca juga: Rahasia Cara Melawan Karet Bintik Panjang 

Setelah mengetahui dan memahami karakter dan efek yang dihasilkan oleh karet bintik panjang serta taktik yang tepat untuk menghadapinya, maka satu hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah sering melakukan latih tanding dengan pemain yang menggunakan jenis karet tersebut agar terbiasa dengan efek-efek yang ditimbulkan.

Seorang pemain bisa menjadi lebih baik jika terus berlatih atau membiasakan diri untuk melakukan sesuatu. Artinya, dalam penguasaan teknik bermain tenis meja tidak ada yang instan. Dalam pepatah dikatakan, "bisa karena terbiasa"


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar