Cari Blog Ini

Rabu, 09 Oktober 2024

Impian Menjadi Pemain Tenis Meja Profesional

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Menjadi pemain profesional adalah menjadi impian setiap pemain tenis meja. Lepas dari usaha dan kerja kerasnya, semua pemain mempunyai harapan yang sama.

Tidak mudah untuk mewujudkannya, namun dengan komitmen pada keahlian dan kerja keras bukan menjadi hal yang mustahil diwujudkan.

Untuk mewujudkan menjadi pemain tenis meja profesional, membutuhkan banyak faktor yang harus dilalui. Faktor terpenting untuk menjadi pemain tenis meja profesional adalah usia muda. Memulai berlatih tenis meja pada usia muda sangatlah  penting.

Jika ingin menjadi pemain tenis meja profesional, yang terbaik adalah memulainya sejak usia dini. Mayoritas pemain profesional mulai dikenalkan bermain tenis meja pada usia antara usia 3 sampai 10 tahun. Namun jangan berkecil hati, usia 11, 12 atau bahkan lebih bisa diproyeksikan juga menjadi pemain profesional, namun akan dirugikan jika dibandingkan dengan mereka yang memulai lebih awal.

Dalam tenis meja, berat bolanya tak lebih dari 3 gram, sehingga anak berusia 8 tahun sudah dapat memukul bola untuk melewati net.

Memberikan pondasi sejak dini sangatlah penting, sehingga saat pemain mencapai usia 12-13 tahun ke atas, mereka hanya perlu diajarkan bagaimana cara memukul bola dengan lebih berkualitas, mempelajari taktik, dan melatih fisik daripada mempelajari teknik dasar tenis meja.

Jika mempelajari teknik di usia dini, pemain akan memiliki awal yang baik karena saat itu yang perlu dilakukan hanyalah meningkatkan waktu, kekuatan, dan konsistensi. Itulah pondasi yang sangat berharga.

Baca juga: Latihan koordinasi pada tenis meja

Pelatihan tidak hanya di atas meja pingpong, pelatihan fisik dan mental juga harus seimbang. Pilihlah pelatih yang baik, berlatih dengan pemain-pemain kuat, dan berlatih dengan cara yang cerdas dan komprehensif.

Banyak turnamen digelar rutin, namun sayang untuk pemain usia dini jarang mendapat kesempatan belajar berkompetisi. Orangtua harus pandai memberikan motivasi kepada pemain usia dini, terutama dalam membagi waktu latihan dan sekolah.

Baca juga: Manfaat bertanding tenis meja bagi pemain usia dini

Semoga kedepan akan banyak diselenggarakan turnamen-turnamen untuk pemain usia dini guna menambah motivasi dalam berlatih dan berprestasi.


Semangat sehat dan salam 🏓




Tidak ada komentar:

Posting Komentar