Cari Blog Ini

Selasa, 10 September 2024

Apakah Cara Mengukur Kemampuan Bermain Tenis Meja Bisa Dengan Sparing?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 




Bertanding merupakan suatu cara pemain tenis meja membuktikan atau mengetahui kemampuan dirinya. Begitu juga dengan ajang uji coba atau sparing, sangat bermanfaat untuk mengukur kemampuan bermain. Sparing sangat penting sebagai simulasi sebelum turun ke pertandingan sesungguhnya.

Sparing berarti latihan bertanding dengan pihak lain, dengan tujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki kemampuan atlet, membiasakan pemain ada dalam iklim kompetisi yang sebenarnya serta membentuk mental pemain menjadi lebih percaya diri dan percaya pada kemampuannya.

Perlu dicatat, sparing harus dilakukan dengan perencanaan matang sesuai dengan program pembinaan pemain. Lawan harus dipilih dengan benar untuk meningkatkan kemampuan para pemain, baik dari aspek skill maupun pengalaman bertanding.

Bagi pemain, sparing mempunyai beberapa manfaat:

1. Sparing dapat membantu pemain dalam upaya meningkatkan kemampuannya sebelum terjun di pertandingan sesungguhnya. Hal ini mencakup berbagai aspek, termasuk lingkungan, peraturan pertandingan, dan tekanan mental.

Dengan melakukan sparing, pemain menjadi lebih percaya diri dengan kemampuannya dan  menjadi lebih siap saat menjalani kompetisi atau pertandingan yang sebenarnya. 

2. Sparing dapat menempa mental pemain dari berbagai tekanan saat bermain. Dengan demikian terbentuklah karakter pemain yang tangguh dalam menghadapi berbagai tekanan dalam pertandingan.

3. Kemampuan pemain juga dapat diukur dengan sparing, apakah ada yang masih perlu ditingkatkan atau dipertahankan.

5. Pada pertandingan yang sesungguhnya, pemain harus menerapkan strategi dan juga keterampilan yang telah dipelajari saat sparing. 

6. Motivasi untuk berprestasi pemain juga dapat ditingkatkan dari menjalani sparing. Motivasi juga memiliki peranan yang penting untuk mewujudkan prestasi yang gemilang selain fisik, teknik, dan taktik dengan penguasaan yang baik juga.

Baca juga: Konsep dan manfaat sparing partner pada tenis meja

Menimba pengalaman dari sparing sangat dibutuhkan, pemain tenis meja dapat melakukan evaluasi setelahnya dan dapat memperbaiki bagian mana yang masih kurang dan perlu ditingkatkan.


Semangat sehat dan salam 🏓




Tidak ada komentar:

Posting Komentar