Cari Blog Ini

Selasa, 24 September 2024

Seberapa Penting Sepatu Tenis Meja Terhadap Resiko Cidera Kaki?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 




Dalam menjalani aktivitas olahraga termasuk tenis meja, kita disarankan untuk mengenakan sepatu atau alas kaki. Olahraga tertentu seperti yoga atau pilates memang tidak perlu menggunakan alas kaki. Seberapa penting sepatu tenis meja terhadap resiko cidera kaki?

Selain agar kita bisa bermain tenis meja dengan lebih nyaman, sepatu juga berguna untuk melindungi kaki dari berbagai hal yang mungkin saja bisa melukainya. 

Beraktifitas tanpa alas kaki atau sepatu mempunyai efek yang menyehatkan layaknya terapi, sehingga bisa membuat aliran darah menjadi lebih lancar, mengurangi pembekuan dan pengentalan darah yang merupakan penyebab utama penyakit jantung. Walau demikian harus berhati-hati, karena bisa saja kaki menginjak batu tajam yang bisa melukai kaki.

Bagaimana dengan tenis meja? Gerakan tidak teratur pada tenis meja menuntut kaki bergerak lincah mengejar bola ke depan, ke belakang, ke samping, bahkan gerakan melompat. Gerakan tersebut beresiko terjadinya gesekan kaki dengan lantai, sehingga mengenakan sepatu saat bermain sangat disarankan agar terhindar dari cidera.

Gerakan tidak teratur dan banyaknya hentakan kaki saat bermain tenis meja dan jika tidak mengenakan sepatu bukan tidak mungkin akan ada pembuluh darah menjadi rusak, hal ini dapat berakibat kaki akan terasa nyeri dan mudah keseleo.

Dampak lain jika bermain tenis meja tidak mengenakan sepatu, kulit kaki akan menebal atau kapalan. Sebagai respon tubuh untuk melindungi diri dari kerusakan, kapalan yang muncul pada kaki tentu akan membuat tidak nyaman, bahkan mengganggu saat berjalan.

Baca juga: Cara memilih sepatu tenis meja

Tanpa mengenakan sepatu saat bermain tenis meja, kaki tidak memiliki pelindung. Hal ini berbahaya bagi kaki saat bergerak tak beraturan. Tetaplah mengenakan sepatu sebagai usaha mengurangi resiko cidera kaki. Jangan sembarangan sepatu, tetapi kenakanlah sepatu yang sesuai untuk bermain tenis meja.


Semangat sehat dan salam 🏓






Tidak ada komentar:

Posting Komentar