Cari Blog Ini

Rabu, 04 September 2024

Seberapa Penting Permainan Rally dalam Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 




Istilah rally dalam tenis meja berarti masing-masing pemain berusaha mempertahankan posisi bola tetap dalam posisi tidak mati selama mungkin dengan menghindari bola nyangkut di net ataupun keluar (out). 

Pernahkah kita bertanya pada diri sendiri, seberapa penting rally pada permainan tenis meja? Memenangkan rally membuka peluang perolehan poin dan menjadi suntikan adrenalin.

Mempertahankan bola agar tidak mudah mati dalam tenis meja bukanlah hal mudah. Efek kecepatan dan putaran bola menjadi alasan mengapa hal itu terjadi. Bayangkan saja, setiap pukulan dimainkan selama 0,2 hingga 0,5 detik, atau sekitar 2 pukulan per detik.

Jika kita memperhitungkan statistik ini, kita harus bertanya pada diri sendiri, seberapa pentingkah melatih rally panjang saat latihan?  

Meningkatkan kemampuan teknik dasar menjadi hal penting untuk mengokohkan fondasi keterampilan dalam bermain tenis meja. Berlatih stroke dengan teratur dan konsisten dapat meningkatkan kestabilan pukulan. Selain stroke, kita harus memberikan perhatian ekstra pada servis dan pengembaliannya, lalu bola ketiga, keempat, dan kelima. Mengembangkan pukulan-pukulan dengan latihan stroke akan memungkinkan kita untuk melakukan pukulan berkualitas tinggi dari awal dan mempengaruhi sebagian besar permainan sesuai harapan kita.

Baca juga: Cara untuk meningkatkan keterampilan

Servis dapat dikembangkan dengan berlatih sendiri untuk penguasaan atas putaran, kecepatan, dan penempatan bola. Sedangkan pengembalian bola dapat dilatih bersama partner sebagai server.

Servis dan pengembalian bola merupakan teknik pukulan yang sama pentingnya untuk mengawali permainan. Keduanya harus dilatih, baik pukulan servis maupun pengembalian servis harus dikuasai dengan baik sebelum berlanjut ke permainan rally.

Beberapa pemain ada yang tidak suka dan tidak memiliki keterampilan rally yang hebat, tetapi akan ada saatnya keadaan menuntut kita untuk bermain rally. Jika kita gagal mengembangkan dasar rally dengan baik, maka kita akan mudah dikendalikan oleh lawan dan pada akhirnya kita akan kehilangan poin dan kalah.

Lantas seberapa penting penguasaan rally dalam tenis meja? Sama halnya dengan servis dan pengembalian servis, rally juga mempunyai peran yang sama penting dalam perolehan poin. Jika kedua pemain yang bertanding sama-sama mampu melakukan servis dan pengembalian yang baik, maka peran permainan rally akan menjadi sangat penting dalam menentukan hasil akhir pertandingan.


Semangat sehat dan salam 🏓



2 komentar: