Cari Blog Ini

Rabu, 12 Juni 2024

Cara Untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja salah satu olahraga permainan yang membutuhkan keterampilan khusus dalam memainkannya. Keterampilan bermain tenis meja dapat ditingkatkan dengan cara rajin berlatih, terutama teknik dasar. Untuk menjadi rajin berlatih, pemain perlu didukung dengan semangat, disiplin dan rasa percaya diri yang tinggi.

Untuk tujuan prestasi, berlatih tenis meja membutuhkan rangkaian latihan yang berkesinambungan agar mampu menguasai teknik yang benar dengan didampingi pelatih berpengalaman. Menguasai teknik dasar  bermain tenis meja sangat penting bagi pemain pemula.

Lantas apa saja teknik dasar yang perlu diperhatikan guna meningkatkan keterampilan bermain tenis meja?

Memegang bet

Cara memegang bet sangat penting untuk diperhatikan. Bola pingpong yang kecil membutuhkan perlakuan khusus untuk bisa mengendalikannya. Pergelangan tangan harus bisa digerakkan dengan fleksibel dan luwes dalam menggenggam gagang bet.  

Pukulan forehand dan backhand

Pukulan forehand dan backhand merupakan salah satu teknik dasar dalam tenis meja, sehingga menjadi wajib dikuasai sebelum bermain. Pukulan Forehand adalah memukul bola dengan posisi telapak tangan mengarah ke depan. Sedangkan Pukulan Backhand adalah memukul bola dengan posisi telapak tangan menghadap ke belakang.

Servis

Servis menjadi peran penting untuk memulai permainan tenis meja. Variasi pukulan servis adalah lurus dan menyilang meja, baik servis panjang maupun pendek. 

Smash

Pukulan smash adalah teknik memukul bola ke depan dengan kecepatan dan kekuatan maksimal ketika bola mencapai titik tertinggi. Pukulan smash cocok digunakam untuk mengantisipasi bola kosong dan tinggi. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2024/03/metode-latihan-agar-jago-bermain-tenis.html?m=1

Untuk penguasaan teknik dasar di atas, pemain juga harus melakukan latihan fisik, baik saat latihan teknik dasar tersebut maupun di luar latihan dasar secara mandiri. Mempunyai kondisi fisik yang prima akan membantu mempermudah dalam penguasaan teknik dasar permainan tenis meja secara lebih cepat.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar