Cari Blog Ini

Kamis, 06 Juni 2024

Belajar Tenis Meja dari Mana?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja adalah olahraga kasat mata yang bisa dipelajari oleh siapa saja, tidak mengenal batasan usia maupun status sosial. 

Berlatih konvensional merupakan bentuk nyata untuk melatih berbagai teknik pukulan dan teknik-teknik lainnya. Kemudian untuk menambah pengalaman bisa dengan mengikuti turnamen. Di sana akan bertemu dengan peserta lain untuk berkompetisi. Segala hal yang kita miliki seperti pengetahuan, teknik dan mental akan diuji dan ditempa agar bisa menjadi yang terbaik.

Untuk menjadi pemain handal tentu syaratnya harus berlatih dengan teratur dan terprogram. Tetapi itu semua belum cukup, pemain harus belajar tentang banyak hal yang lain. 

Belajar tenis meja bisa dilakukan dengan berbagai cara dan melalui media belajar yang beragam pula, tergantung minat dan kemampuan dari pemain. Tentu tujuannya untuk menambah pengetahuan dan wawasan. 

Ada beberapa gaya belajar tenis meja yang bisa kita lakukan, diantaranya:

Gaya belajar Visual

Gaya belajar visual cocok bagi pemain yang bisa fokus belajar dengan bantuan gambar, simbol, dan tanda-tanda lainnya menggunakan penglihatan mata. Ciri yang menonjol adalah memiliki sifat teliti dan bisa mencatat dengan detail. Selain itu ia lebih mudah mengingat apa yang dilihat daripada apa yang diucapkan (via verbal).

Gaya belajar Auditori

Gaya belajar ini mengandalkan kemampuan indera pendengaran dengan lebih baik untuk menangkap informasi. Ciri yang menonjol adalah lebih suka mendengarkan dan mampu menghafal setiap perkataan yang didengar.

Gaya belajar Kinestik

Gaya belajar ini melibatkan gerakan tubuh, yaitu dengan langsung mempraktekkan dalam belajar. Untuk memperdalam teknik dasar pemain pemula wajib dengan gaya ini. 

Gaya belajar Lingusitik

Gaya belajar linguistik cocok untuk pemain tenis meja yang suka mempelajari sesuatu dengan cara menyerap informasi dari bacaan atau tulisan. Ia akan berfokus pada penggunaan setiap kata dan kalimat dengan cermat untuk menikmati belajarnya.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/tenis-meja-dalam-goresan-pena.html?m=1 

Gaya belajar Logical

Ini adalah gaya belajar bagi pemain yang suka berpikir logis. Logis disini artinya suka mengaitkan satu informasi dengan informasi lainnya, hingga informasi tersebut bisa diterima akal sehat. Ciri yang menonjol adalah suka untuk menyelesaikan masalah atau problem solving.

Jika membutuhkan suasana baru untuk belajar yang lebih menantang dan menumbuhkan sikap kompetitif, pilih dan belajarlah sesuai kemampuan yang kita miliki. 

Belajar adalah salah satu kewajiban bagi setiap pemain, baik itu di lingkungan klub maupun di luar klub. Menemukan gaya belajar yang tepat adalah langkah yang sebaiknya ditentukan sedari dini. Bila ingin mencari tantangan lebih dalam mempelajari sesuatu, mencari pengalaman adalah langkah yang tepat.


 Semangat sehat dan salam 🏓


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar