Cari Blog Ini

Senin, 03 Juni 2024

Bagaimana Membaca Pikiran Lawan dalam Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Selain olahraga, tenis meja juga melibatkan olah rasa dan olah pikir. Kebutuhan fisik sangat penting dalam olahraga apapun termasuk tenis meja, tetapi belum sempurna jika tidak diimbangi dengan kemampuan berpikir. 


Tenis meja menuntut pemainnya untuk senantiasa menjaga konsentrasi dan berpikir selama bermain. Untuk bisa melakukannya, bermain tenang adalah kuncinya. 

Ketenangan membuat pemain dapat berpikir dengan baik. Berpikir bagaimana membaca permainan lawan, bagaimana menerapkan strategi dan bagaimana mengelola permainan. Jangan hanya bermain baik,  tetapi bermainlah dengan cerdas!! 

Bermain tenis meja mengajarkan kita untuk mengelola hubungan baik dengan orang lain secara lebih mudah. Bahkan saat menghadapi masalah kita dapat mengatasinya dengan tanpa panik. Seringkali kita mendapati pemain saat break set diarahkan oleh pelatih agar bermain dengan sabar. Hal ini disadari atau tidak akan berdampak panjang dalam kehidupan pemain tersebut. 

Kesabaran yang dikelola dengan baik akan menjadi kebiasaan yang baik, dan memungkinkan kita untuk bisa membaca atau mengukur pikiran lawan. Dalam tenis meja kita belajar menyelaraskan napas, gerakan, kekuatan dan kewaspadaan dengan lawan. Ketika lawan melakukan serangan, kita reflek untuk meredamnya. Kita selalu mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi dalam permainan. Proses ini dilakukan berulang kali, namun selama melakukannya, kita melihat mata lawan.

Melalui kebiasaan dan rutinitas akan memungkinkan kita untuk membaca pikiran lawan hanya dengan melihat matanya. Ini bukanlah sesuatu yang bisa dijelaskan lewat kata-kata, melainkan sesuatu yang hanya bisa dipahami dan diperoleh lewat latihan dan pengalaman dalam bermain tenis meja.

Memang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah, tapi akan sangat membantu secara psikologis. Mata bisa mengisyaratkan sejuta makna, rencana pikiran seseorang bisa tersiratkan oleh mata. Dan permainan banyak dipengaruhi oleh psikologis pemain itu sendiri. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2024/03/pengaruh-psikologis-terhadap-pemain.html?m=1

Dalam kehidupan sehari-hari, ketika kita membicarakan hal penting dengan orang lain, kita harus selalu menghadap ke orang itu sehingga titik pandangan berada di arahnya. Dengan melakukan seperti itu akan membantu aliran energi spiritual mengarah padanya, dan jika energi kita cukup kuat akan membuat kita bisa mengambil energinya. 

Pendekatan dengan membaca pikiran lawan akan memudahkan kita dalam mengelola permainan, sehingga peluang memenangkan pertandingan semakin terbuka lebar. 


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar