Cari Blog Ini

Selasa, 18 Juni 2024

Setujukah Dengan Walk Over (WO) Pada Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Istilah WO tentu tidak asing lagi bagi pemain tenis meja. WO (Walk Over) memberikan kemenangan tanpa bermain karena pihak lawan tidak hadir, didiskualifikasi atau telah menyerah. Setujukah jika WO diterapkan dengan disiplin? 

Kapan WO bisa diterapkan dalam sebuah turnamen atau pertandingan tenis meja? 

Pengaturan jalannya pertandingan tenis meja ditentukan oleh jadwal yang sudah disusun oleh EO/ penyelenggara pertandingan. WO bisa diterapkan terhadap pemain yang tidak hadir atau tidak ada di tempat saat jam pertandingan.

Apakah WO bisa diterapkan kepada pemain yang terlambat datang di lokasi pertandingan? Jawabannya adalah bisa jika EO menerapkan Time Table dan disiplin waktu dalam penyelenggaraannya. Biasanya jika pemain dipanggil belum ada, maka akan ditunggu hingga 15 menit kedepan. Lebih dari 15 menit bisa dipastikan akan terkena WO.

Seringkali mendapati pemain disuruh menunggu calon lawan yang masih di perjalanan dengan alasan macet dan lain-lain, hingga melebihi estimasi waktu yang sudah ditetapkan. Bagaimana menurut pendapat kalian?

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/time-table-tenis-meja-dan-liga-takasi.html?m=1

Meskipun menjamin kemenangan bagi satu pihak, hal ini juga menimbulkan pertimbangan etis tentang esensi kompetisi dan prinsip fair play.

Menang WO adalah kemenangan yang sah, tetapi ada yang berpendapat menang WO tidak memberikan kepuasan seperti layaknya pertarungan sengit di lapangan. 

Dalam konteks disiplin olahraga, WO pada tenis meja perlu ditegakkan. Hal ini bertujuan agar semua peserta dapat menghargai waktu. 

Meski WO seringkali merupakan keputusan yang sulit bagi pemain atau tim, tapi itulah konsekuensi. Situasi WO seringkali merupakan keputusan yang sulit bagi pemain atau tim. Hal ini dapat mempengaruhi tidak hanya pertandingan itu sendiri tetapi juga reputasi dan kesempatan pemain atau tim di masa mendatang. 

Terlepas dari penyebabnya, WO merupakan bagian dari dinamika kompetisi tenis meja yang dapat mempengaruhi jalannya pertandingan dan hasil akhirnya. Dalam hal ini  penulis sangat menghargai setiap pengelenggara pertandingan yang berani mengeluarkan keputusan WO ketika pemain datang terlambat di luar jam pertandingan. Bagaimana menurut kalian? 


Semangat sehat dan salam 🏓



Tidak ada komentar:

Posting Komentar