Cari Blog Ini

Kamis, 27 Juni 2024

Ketika Latihan Bermain Bagus, Tetapi Jelek Ketika Bertanding Tenis Meja, Apa Sebabnya?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Bermain tenis meja dengan bagus adalah impian setiap pemain, baik saat latihan maupun ketika bertanding. Namun untuk bisa bermain bagus tak semudah yang kita bayangkan, banyak faktor yang mempengaruhinya. 

Saat berlatih, pemain dikelilingi oleh orang-orang yang sudah tidak asing lagi. Dan ini membuat pemain bisa bermain lepas tanpa beban, sehingga bisa bermain bagus dengan mengeluarkan segala kemampuan yang dimiliki. 

Apakah bermain bagus saat latihan menjadi jaminan bermain bagus pula di pertandingan?Ketika bermain di pertandingan resmi, pemain seringkali dihinggapi ketegangan, rasa takut kalah, serta tak sanggup mengatasi gangguan dari luar. Beban mental seperti inilah yang acapkali menjadi penyebab permainan lebih jelek dibandingkan ketika latihan.

Keadaan seperti ini bisa menimpa siapa saja,  baik pemain amatir maupun profesional. Dan untuk mengatasi hal tersebut, pemain harus melakukan latihan-latihan mental tertentu. Cara yang dapat dilakukan memang macam-macam, tetapi tujuannya sama yaitu untuk mengatur keseimbangan jiwa (mental) dan raga supaya mencapai permainan prima.

Jika keseimbangan jiwa ada pada diri pemain,   maka mereka akan sanggup melakukan bermain sama bagusnya baik saat latihan maupun bertanding. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/12/siapkan-mental-untuk-siap-menang-dan.html?m=1

Untuk mencapai keseimbangan jiwa (mental) tentu dibutuhkan latihan. Yoga bisa diadopsi untuk latihan rileks pada diri sendiri. Atau boleh latihan apa saja yang intinya adalah semua bentuk latihan untuk mencapai keseimbangan jiwa dan raga.

Sebab di luar faktor fisik, aspek mental bisa mempengaruhi teknik yang berperan penting dalam permainan tenis meja.

Keseimbangan mental menjadikan pemain bisa menjaga konsentrasi saat bermain, sehingga tetap fokus pada tujuan akhir,  yaitu bermain dengan bagus dan pada akhirnya kemenangan dapat diraih.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar