Cari Blog Ini

Jumat, 07 Juni 2024

Bahayanya Jika Kecanduan Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 




Bermain tenis meja adalah salah satu cara yang menyenangkan untuk tetap bugar dan cara yang bagus untuk bertemu orang lain. Sayangnya, bagi sebagian pemain kecanduan  tenis meja  menjadi sesuatu yang merusak, tidak saja merusak kesehatan tetapi juga merusak sendi kehidupan.

Mengapa Kecanduan tenis meja?

Kecanduan tenis meja adalah suatu kondisi di mana seseorang yang terkena dampak merasakan suatu keharusan untuk terlibat dalam tenis meja terlepas dari konsekuensi negatif apapun yang mungkin timbul pada kesehatan fisik, mental dan pada aspek lain dalam kehidupan mereka.

Pada beberapa kasus, epidemi obesitas merupakan masalah besar (dan terus berkembang) yang merenggut puluhan ribu nyawa setiap tahunnya. Meninggalnya seseorang saat bermain tenis meja terlihat aneh. Namun, seseorang yang menderita kecanduan tenis meja tidak mampu mengenali alarm tubuh,  dimana tenis meja yang seharusnya menjadikan tubuh sehat malah menjadi sesuatu yang jauh lebih merusak. Atau mungkin dapat mengenali alarm tubuh tersebut, namun tidak mampu menahan diri untuk tidak melewati batas alarm tersebut.

Pecandu tenis meja terpaksa bermain tenis meja dalam jumlah berlebihan, yang mempunyai dampak buruk yang berbahaya  terhadap kesehatan fisik, mental dan mungkin merugikan kehidupan pribadi serta keamanan finansial. 

Baca juga : https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/09/apakah-mental-bermain-tenis-meja-dapat.html?m=1

Bermain tenis meja mempunyai dua tujuan, prestasi dan atau rekreasi. Jika untuk tujuan prestasi, lakukan latihan sesuai program dan jadwal yang sudah ditetapkan. 

Bagi pemain usia lanjut (di atas 40 tahun), berlatihlah secara proporsional, sehat dan kesenangan harus diutamakan. Namun jika masih mampu berprestasi kenapa tidak? Anggap saja itu sebagai bonus atas apa yang sudah dikerjakan selama ini. 

Tetap jaga silaturahmi dengan sesama pecinta tenis meja/ pingpong tanpa harus mengorbankan waktu-waktu romantis bersama keluarga.

Makan dan istirahat teratur agar kondisi tubuh  tetap terjaga dengan baik. Jika sedang kurang sehat sebaiknya tidak memaksakan diri untuk bermain tenis meja, lakukan pengobatan dan pemulihan. Jika seorang pemain mengidap penyakit, tidak dilarang untuk bermain tenis meja,  tetapi sebaiknya dan jika diperlukan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 


Semangat sehat dan salam 🏓



4 komentar:

  1. setuju 100% pak Kas,, segala sesuatu yang candu dan berlebihan tidak baik,, sehat selalu pak Kas 😄🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam sehat, terimaksih supportnya om Adhyt

      Hapus
  2. Setuju sy skrg umur 56 thn sejak thn 2021 saya kecanduan pingpong dari segala karet dan bat saya coba, bahkan saya latihan bayar pelatih kaos skrg ada 46 kaos tenis bahkan kerja selalu bawa alat pingpong, pulang kerja saya main dimana ada yg ngajak bahkan kadang pulang jam 11 malam kadang bolos kerja untuk latihan pingpong dan pada akhirnya sebulan yg lalu saya kecelajan pas bwrmain pingpong kesleo dan urat Tendon putus skrg sy udah gk bisa nain pingpong lagi dan harus operasi sambung tendon saran dokter namun saya msh kerja jd saya tunda dulu untuk operasi ..Terimakasih bisa berbagai pengalaman , intinya olah raga jangan sampai over ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut prihatin om, semoga lekas sembuh dan bisa pingpong lagi.
      Teyap jadikan pingpong untuk sehat om.. 💪
      Semangat sehat dan salam 🏓

      Hapus