Cari Blog Ini

Selasa, 11 Juni 2024

Bermain Tenis Meja Sebagai Mood Booster

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja merupakan olahraga permainan yang membuat badan kita sehat, baik untuk tujuan prestasi maupun rekreasi. Khusus untuk tujuan rekreasi, biasanya dimainkan oleh pemula dan penghobi. Kalah menang tak jadi masalah, yang penting bisa tertawa lepas bersama teman-teman. 

Setiap orang mempunyai mood yang berbeda, terkadang baik dan terkadang jelek. Bagi teman-teman yang sedang bad mood atau stress, coba deh untuk bermain tenis meja. Permainan ini bisa membantu kita memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik. Kok bisa? 

Tenis meja merupakan bagian dari olahraga untuk pola hidup sehat. Rutin bermain tenis meja bisa membuat tubuh lebih bugar, membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan kepercayaan diri, menjaga kadar gula darah,  kolesterol, dan mencegah terkena berbagai penyakit.

Tidak itu saja, bermain tenis meja juga dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Bahkan, tenis meja  banyak disarankan untuk mencegah dan meringankan gejala penyakit mental.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/09/apakah-mental-bermain-tenis-meja-dapat.html?m=1

Korelasi antara bermain tenis meja dan suasana hati

Ketika bermain tenis meja , tubuh akan melepas hormon endorfin. Hormon endorfin diproduksi oleh kelenjar pituitari serta sistem saraf pusat yang berfungsi untuk mengurangi persepsi rasa sakit dan memicu perasaan positif.

Pasca bermain tenis meja akan memunculkan  euforia, sehingga membuat seseorang merasa berenergi, bersemangat, dan lebih bahagia.

Selain itu, bermain tenis meja juga dapat melepaskan hormon serotonin. Sama seperti endorfin, hormon serotonin juga berperan dalam mengelola suasana hati. Jadi, aktifnya kedua hormon ini setelah olahraga bisa meningkatkan suasana hati, serta meredakan rasa cemas dan stres.

Gangguan kecemasan, depresi dan masalah mental dapat diperbaiki melalui terapi alami dengan bermain tenis meja. Bermain tenis meja selama 30 menir sehari dapat menperbaiki mood penderita depresi. Selain membuat fisik sehat, bermain tenis meja juga bisa sebagai mood booster.

Mengkonsumsi makanan bergizi dan hindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan kurang tidur menjadikan kesehatan fisik dan mental kita menjadi lebih terjaga.

Bagaimana,  masih malas untuk bermain tenis meja secara rutin? 


Semangat sehat dan salam 🏓



Tidak ada komentar:

Posting Komentar