Cari Blog Ini

Jumat, 28 Juni 2024

Trick shot vs Pukulan Konvensional pada Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Sering kita lihat video di YouTube tentang trick shot tenis meja, trick pukulan yang mengundang decak kagum penonton. Adalah pemain tenis meja Finlandia, Emil Rantatullkkila , Otto Tennilä , dan Miikka O'Connor, berkat pendekatan kreatif mereka, trick shot tenis meja menjadi populer. 

Belakangan ini jagad pingpong Indonesia juga dihebohkan dengan statement oleh Ardiansyah Rica Samsu Goli. Goli adalah pemain trick shot yang pernah memperoleh penghargaan MURI melalui keterampilannya. Namun saat Goli bermain vs Iqbal yang disiarkan langsung oleh channel YouTube milik Dennis Darmawan beberapa waktu lalu, Goli juga tidak menggunakan pukulan-pukulan trik andalannya. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2024/06/memakai-bintik-proses-dalam-tenis-meja.html?m=1

Trick shot hanyalah sebuah trik pukulan yang ditujukan sebagai hiburan, hingga penonton dibuat terkagum-kagum. Teknik tinggi? Tentu, untuk menguasai trick shot perlu penguasaan teknik tinggi. 

Walau begitu, pemain trick shot yang bermain pada pertandingan resmi tidak mengeluarkan trick shot andalannya. Mereka tetap menggunakan pukulan konvensional. 

Seperti halnya pemain asal Finlandia Emil Rantatullkkila , Otto Tennilä , dan Miikka O'Connor tersebut, pemain profesional lainnya juga mempunyai alasan tidak fokus dengan pukulan trik pada pertandingan resmi. Alasan yang mendasarinya adalah:

Konsistensi dan keandalan

Pada tenis meja profesional, tujuan utama yang ingin dicapai pemain adalah kemenangan dengan konsisten dalam pengumpulan poin.

Pukulan trik seringkali beresiko dan tidak bisa diandalkan dibanding pukulan konvensional. Pemain profesional lebih mengutamakan konsistensi dengan pukulan konvensional untuk peluang memperoleh poin. 

Tingkat Keterampilan Lawan

Pemain tenis meja profesional sangat terampil dan berpengalaman. Trick shot tidak akan efektif terhadap lawan lain yang mempunyai pengalaman dan keterampilan untuk mengantisipasi dan melawan pukulan trik tersebut. 

Fokus pada Teknik Dasar

Keterampilan dasar seperi pukulan, putaran bola, gerak kaki dan penempatan bola adalah makanan sehari-hari pemain profesional ketika berlatih. Keterampilan dasar tersebut sangat penting untuk keberhasilan menjaga konsistensi dan kinerja dalam kompetisi tenis meja tingkat tinggi.

Tingkat Resiko

Pemain profesional lebih mengedepankan strategi dan meminimalisir kesalahan untuk mendapatkan poin. Sedangkan trick shot mempunyai tingkat resiko lebih tinggi untuk kehilangan poin, dan bahkan berujung kekalahan. 

Peraturan

Trick shot tertentu juga biasanya menyalahi peraturan, sehingga tidak dapat diaplikasikan dalam pertandingan resmi. 

Secara keseluruhan, trick shot sangat menghibur penonton, namun demikian pemain profesional lebih memprioritaskan konsistensi, keandalan dan strategi untuk kesuksesan dalam pertandingan. 


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar