Cari Blog Ini

Senin, 01 Juli 2024

Bagaimana Teknik Berlatih Otodidak pada Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Olahraga tenis meja adalah olahraga asik, dapat dimainkan oleh siapa saja, baik tua maupun muda. Bagi pemain pemula yang mengenal tenis meja dari lingkungan dan berlatih seadanya tanpa bantuan jasa pelatih dinamakan pemain otodidak. Pukulannya pun tak berdasarkan teknik yang diajarkan oleh sekolah tenis meja pada umumnya, sehingga terlihat aneh.

Apakah boleh bermain tenis meja dengan pukulan otodidak? Tentu boleh, namun margin of errornya biasanya lebih besar. Untuk memperbaikinya, dapat mencoba berlatih dengan beberapa cara, satu diantaranya dengan shadow stroke. 

Shadow stroke atau biasa kita kenal pukulan bayangan adalah teknik berlatih memukul bola tanpa bola. Teknik ini mengedepankan gerakan cara memukul sesungguhnya tetapi tanpa bola. Pemain berimajinasi dengan membayangkan seolah-olah sedang memukul bola yang susungguhnya. 

Shadow stroke bisa dilakukan diluar meja atau tetap di depan meja pingpong. Jika dilakukan di depan meja, pemain bisa sekaligus berlatih penguasaan meja dengan bergerak mengatur langkah kaki dan penguasaan lawan diseberang meja. 

Jika shadow stroke dilakukan di depan cermin, pemain bisa sambil melatih aspek estetis ketika melakukan gerakan topspin, backspin, sidespin, flat/datar, bola cepat, lambat, dan sebagainya. 

Menyerang dengan smash seringkali diperagakan oleh pemain otodidak.  Jika ini sebuah kesenangan maka itu merupakan kebiasaan. Sebagai kebiasaan tentu perlu dikembangkan sebagai ciri khas dan senjata utama pemain tersebut. Namun perlu diingat, kebiasaan ini akan menjadi bumerang dan kelemahan ketika lawan-lawannya sudah mempersiapkan melawan senjata tersebut. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2024/05/pemain-tenis-meja-otodidak-wajib-tahu.html?m=1

Pemain otodidak sulit diprediksi pukulannya, terlihat aneh dan terkadang dapat menyulitkan lawan. Tetapi jika sang lawan sudah mempunyai cara menjinakannya, pemain otodidak akan sulit berkembang dan menjadi titik balik yang menyakitkan. 

Intinya, berlatihlah semua semua teknik dasar sebaik mungkin, kemudian jadikan kebiasaan sebagai ciri khas dan salah satu senjata mematikan. 


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar