Cari Blog Ini

Senin, 15 Juli 2024

Cara Menghitung Peringkat Pool Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 




Tenis meja adalah olahraga permainan yang asyik dan kompetitif. Selain dituntut mempunyai keterampilan bermain, pemain tenis meja sebaiknya juga tahu cara menghitung peringkat dalam sebuah pool ketika bertanding. Karena dengan paham penghitungan peringkat dapat dijadikan sebagai penerapan strategi selama pertandingan.

Dalam sebuah turnamen atau pertandingan tenis meja, pada babak penyisihan biasanya pemain dikelompokkan dalam beberapa pool. Satu pool biasanya berisi tiga pemain, dan mereka bermain setengah kompetisi untuk menentukan juara pool untuk lolos ke babak lanjutan.

Tetapi tidak semua pemain tahu cara menghitung peringkat nilai pada tenis meja. Sederhana saja, kita hanya perlu menyiapkan selembar kertas dan pensil agar tidak salah hitung. Bahkan seringkali salah dipahami sehingga bisa merugikan pemain.

Untuk melihat lebih dekat bagaimana cara menghitung peringkat pemain tenis meja dalam pool dalam sistem pertandingan best of five, mari kita lihat simulasi berikut. Klik Best of Five

Misalkan dalam satu pool terdiri dari 3 pemain A, B, dan C.

A vs C = 3:0

A vs B = 1:3

Nilai pemain A= 4/3 atau 1 1/3

B vs C = 1:3

B vs A = 3:1

Nilai pemain B= 4/4= 1

C vs A = 0:3

C vs B = 3:1

Nilai pemain C= 3/4

Dari penghitungan di atas, maka menghasilkan peringkat sbb:

1. Pemain A dengan nilai 4/3= 1 1/3

2. Pemain B dengan nilai 4/4= 1

3. Pemain C dengan nilai 3/4

Dengan demikian pemain yang berhak lolos untuk maju ke babak selanjutnya adalah Pemain A.

Bagaimana jika ternyata nilai ketiga pemain tersebut sama semua? Maka dilanjutkan dengan mempertimbangkan rasio poin yang diperoleh dengan poin yang hilang, atau rasio poin menang dibagi dengan rasio poin kalah. 

Bagaimana jika dengan penghitungan rasio poin juga masih sama? Maka bisa ditentukan dengan undian seperti melempar koin dan lain-lain. Catatan: hal ini sangat jarang sekali terjadi.

Baca juga: Pahami Sistem Pertandingannya

Ingat, penghitungan rasio poin dan undian hanya dilakukan jika ketiga pemain mempunyai nilai yang selalu sama.

Semoga mencerahkan dan bermanfaat untuk kita semua.


Semangat sehat dan salam 🏓




Tidak ada komentar:

Posting Komentar