Cari Blog Ini

Rabu, 17 Juli 2024

Olahraga Remeh? Ya Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 




Tenis meja memang olahraga yang kurang populer di masyarakat Indonesia, karena tenis meja masih dianggap olahraga remeh, sepele dan bahkan tidak menarik bagi sebagian orang. Banyak anak muda yang sama sekali tidak tertarik dengan tenis meja, karena mereka menganggap bermain tenis meja tidak terlihat keren jika dibandingkan dengan olahraga populer lainnya. Klik Tenis meja olahraga yang tidak menarik

Seiring perkembangannya, faktanya tenis meja kian digandrungi oleh masyarakat, dan tidak dianggap remeh lagi. Seringkali kita lihat, hampir di setiap lingkungan RT kita dapati warga bersenang-senang dengan bermain tenis meja.

Bagaimana mau dibilang remeh? Seorang yang baru belajar tenis meja bisa saja memakan waktu berbulan-bulan untuk bisa menguasai satu teknik saja. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi setiap pemain.

Tidak hanya mempelajari teknik bermain tenis meja, persaudaraan dan pertemanan antar pemain juga menjadi hal yang menarik. Tak heran jika pemain pemula yang sudah terlanjur "terjerumus" belajar bermain tenis meja akan ketagihan dan tertantang untuk lebih mendalami teknik bermainnya.

Tidak seperti yang dibayangkan, ternyata tenis meja adalah olahraga yang menarik sekaligus sulit, bukan? Jadi, jika ada orang yang mengatakan tenis meja adalah olahraga remeh, itu hanyalah hoax. Mungkin saja orang tersebut belum pernah mencoba bermain, jadi belum kenal seperti apa permainan tenis meja.

Mengapa tenis meja merupakan olahraga tersulit?

Butuh Banyak Waktu untuk Mempelajari Teknik

Pemain tenis meja pemula akan merasakan betapa sulitnya menguasai hanya satu teknik saja, sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama. Bahkan seorang atlet pun banyak membutuhkan waktu berlatih untuk mematangkan satu teknik.

Membutuhkan Refleks yang Cepat

Untuk mengantisipasi pergerakan bola yang cepat pada permainan tenis meja, pemain dituntut menguasai reflek yang cepat pula. Hal ini harus dilatih terus menerus dan tidak bisa dianggap remeh. Karena dengan terlambat sepersekian detik dalam mengambil keputusan dapat berakibat fatal terhadap hasil akhir pertandingan.

Bola Berputar dan Melaju Cepat

Ketika pemain tidak paham putaran bola saat bermain tenis meja, tak jarang pemain tersebut tidak bisa memukul bola dengan baik. Bola yang dipukulnya bisa terpental ke arah yang tidak diduga.

Konsentrasi Tinggi

Konsentrasi sangat penting saat bermain tenis meja, sehingga bisa fokus dengan penglihatan yang tajam untuk melihat arah putaran bola. Mata seorang pemain tidak boleh lepas dari arah musuh dan bola.

Koordinasi Gerak Tubuh 

Dalam melakukan teknik pukulan, peran gerak seluruh tubuh sangat menentukan kualitas yang dihasilkan. Koordinasi mulai dari kepala hingga kaki untuk menghasilkan pukulan yang baik dibutuhkan peran dari setiap anggota tubuh. Tangan menjadi kunci saat melakukan pukulan, namun tanpa adanya koordinasi dengan anggota tubuh yang lain tak akan tercipta permainan yang maksimal.

Baca juga: Latihan koordinasi pada tenis meja

Dari alasan-alasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa tenis meja merupakan olahraga yang sulit, tetapi menarik dan menantang untuk dipelajari. Tenis meja bukan olahraga remeh!


Semangat sehat dan salam 🏓







Tidak ada komentar:

Posting Komentar