Cari Blog Ini

Selasa, 23 Juli 2024

Kalah Mental Saat Bertanding Tenis Meja?





Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 



Faktor mental dapat menjadi penentu dalam pertandingan antara dua pemain tenis meja yang permainannya berimbang. Barang siapa mampu mengatasi tekanan, maka dialah yang akan keluar menjadi pemenangnya. Dan barang siapa yang kalah mental saat bertanding tenis meja, maka peluang menang menjadi lebih kecil.

Kemenangan dalam sebuah pertandingan tenis meja bukan semata-mata menandakan keterampilan dan kehebatan yang dimiliki. Yang hebat dan terampil itu justru bagaimana pemain dapat memenangkan pertandingan tanpa permainan 

Artinya apa? Mempunyai mental yang baik dapat merubah hasil akhir suatu pertandingan. Tetapi pemain juga tidak boleh mengabaikan keterampilan yang harus dikuasainya.

Lantas bagaimana cara menstabilkan mental saat bermain tenis meja? Berusahalah bermain dengan tenang agar kita dapat berdoa dan menjaga kesadaran diri, sehingga kita tahu dan  sadar sedang apa, ada dimana dan apa yang harus dilakukan. Klik Ketegaran mental (mental toughness) dalam tenis meja

Rencanakan pukulan-pukulan yang akan kita lakukan dan implementasikan strategi yang sudah disusun. Mempunyai mental yang baik dapat terhindar dalam jebakan killing zone pemain lawan yang ingin mengkondisikan dan mendikte permainan kita. 

Ciptakan peluang sebesar-besarnya untuk memperoleh poin, hindari ada celah sekecil apapun untuk meminimalisir kehilangan poin.

Jika pemain tenis meja sudah berani turun untuk bertanding, berarti mereka sudah mempunyai kepercayaan diri dengan kemampuan keterampilannya. Siapa yang mempunyai mental lebih bagus mempunyai peluang lebih besar memenangkannya.

Baca juga: Psy war pemain tenis meja

Mental dapat dirusak melalui perang urat syaraf dan provokasi untuk menyerang pikiran, melemahkan, menghancurkan bahkan membunuh karakter. Maka tetaplah tenang dan fokus membaca permainan serta memanfaatkan setiap peluang selama pertandingan.


Semangat sehat dan salam 🏓




Tidak ada komentar:

Posting Komentar