Cari Blog Ini

Rabu, 03 Juli 2024

Pentingkah Stroke Forehand dan Backhand Pada Tenis Meja ?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Stroke (teknik pukulan) adalah salah satu teknik dasar dalam permainan tenis meja yang sangat penting untuk dikuasai oleh pemain. Namun demikian pemain tidak boleh mengabaikan teknik dasar lainnya seperti gerakan kaki (footwork), memegang bet dan stance. 

Berdasarkan posisi pegangan bet, stroke terbagi menjadi forehand dan backhand. Stroke biasanya dilakukan oleh pemain sebelum memulai permainan/ pertandingan, sekaligus sebagai pemanasan bagi kedua belah pihak. 

Stroke sangat efektif untuk memantapkan teknik pukulan, baik forehand maupun backhand. 

Yang dimaksud dengan stroke forehand dalam tenis meja adalah teknik memukul bola ke arah kanan lawan, bola harus berada di posisi pada saat sisi tangan memegang bet. Biasanya arah bolanya diagonal ke kedua sisi bagian kanan di atas permukaan meja pingpong. 

Sama halnya stroke forehand, stroke backhand adalah teknik memukul bola, namun arah bolanya ke arah kiri lawan pada sisi tangan yang tidak memegang bet. Untuk melakukan pukulan ini, pertama rendahkan posisi tubuh lalu gerakkan tangan kearah pinggang dengan sudut siku sembilan puluh derajat. Gerakkan tangan dan bet ke arah depan, jaga siku agar tetap sembilan puluh derajat dan bet tetap lurus.

Video stroke: 


Baik stroke forehand maupun backhand, sama pentingnya untuk memantapkan pukulan. Usahakan selama melakukan stroke menjaga konsistensi pukulan. Program latihan juga dapat dimulai dari stroke dengan melakukan simulasi-simulasi atau gameplay layaknya melakukan pukulan saat bertanding. 

Untuk mengetahui rahasia dibalik stroke,  baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2024/05/rahasia-di-balik-pukulan-stroke-tenis.html?m=1

Selain itu, pemain dapat mengetahui gambaran kualitas calon lawan dengan merasakan stroke yang dilakukan sebelum pertandingan dimulai. 


Semangat sehat dan salam 🏓



Tidak ada komentar:

Posting Komentar