Cari Blog Ini

Kamis, 04 Juli 2024

Investasi Peralatan Tenis Meja

Oleh: Kasmomo Monex, penggemar hidup sehat




Berpikirlah jika kita bermain tenia meja untuk  investasi kesehatan. Ini hal yang wajar karena olahraga memang tujuannya untuk kesehatan jangka panjang. Namun jika melihat judul "investasi peralatan tenis meja" pada artikel ini, maksudnya apa? 

Seperti kita tahu, untuk bermain tenis meja kita memerlukan peralatan pendukung seperti meja, net, bola dan bet sebagai alat pemukul. Jika meja, net dan bola oleh produsen dibuat sudah berdasarkan standarisasi mereka yang mengacu pada peraturan induk organisasi tenis meja. Namun bagi bet (blade), walaupun sudah diproduksi sesuai standar, namun kecocokan bagi pemain berbeda-beda, harus disesuaikan dengan karakter bermainnya. 

Jika kita akan memulai bermain tenis meja dari nol dan tanpa modal apapun, berarti kita harus mempersiapkan diri minimal membeli peralatannya berupa bet (kayu dan karetnya) sebagai investasi. Karena untuk peralatan seperti meja, net dan bola pingpong biasanya sudah tersedia terlebih dahulu melalui kolektif di lingkungan tempat tinggal maupun di sarana olahraga lain seperti GOR tenis meja. 

Mengapa pembelian bet tenis meja kita sebut dengan investasi? Ya, karena dalam membeli beralatan seperti bet tersebut diharapkan akan tetap bermanfaat di kurun waktu yang panjang. Seiring meningkatnya keterampilan yang kita miliki, maka akan membutuhkan upgrade peralatan seperti bet demi mendukung permainan. Bayangkan saja jika kita membeli bet premade (bet jadi yang sudah terpasang karetnya/ sepaket), untuk pemula tak masalah,  tetapi untuk pemain tingkat lanjut harus melakukan upgrade dengan membeli bet yang lebih kompatible seiring dengan peningkatan keterampilannya. 

Disarankan bagi pemula untuk membeli bet (cara memilih bet tenis meja)  yang bisa dipakai hingga tingkat lanjut. Investasi awal dalam olahraga tenis meja ini mungkin terlihat cukup tinggi, karena kita harus membeli bet (kayu dan karet) secara terpisah. Tidak harus yang paling mahal, tapi setidaknya bet tersebut sudah memenuhi standar untuk bermain pada pertandingan resmi. Jangan khawatir, di komunitas tenis meja banyak kok beredar bet (kayu dan karet) second yang diperjual belikan dengan harga relatif lebih murah. Dengan begitu kita dapat lebih berhemat dalam berinvestasi peralatan tenis meja.

Perlu untuk kita ketahui bahwa investasi peralatan tenis meja sangatlah penting bagi seorang pemain, maka karakteristik bet harus diperhatikan sebelum membelinya. Carilah referensi sebanyak-banyaknya, baik secara literasi maupun melalui teman yang lebih paham tentang peralatan tenis meja. 


Semangat sehat dan salam 🏓


1 komentar: