Cari Blog Ini

Kamis, 25 Juli 2024

Pentingnya Menjaga Keseimbangan Tubuh dengan Dukungan Footwork dan Sepatu Yang Tepat dalam Permainan Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 




Tenis meja merupakan salah satu olahraga permainan yang populer bagi masyarakat Indonesia. Tak heran jika di setiap lingkungan tempat tinggal terdapat meja pingpong. Hampir semua warga pernah mencoba memainkan olahraga tenis meja.

Namun begitu, tak banyak orang yang bisa menjelaskan alasan pentingnya menjaga keseimbangan tubuh dalam permainan tenis meja.

Bisa dimaklumi, mereka bermain hanya dijadikan sekedar wadah silaturahmi dengan tetangga, sehingga mayoritas dari mereka kurang paham terkait teknik dasar dalam permainan tenis meja itu sendiri.

Bermain tenis meja memang tidak membutuhkan area yang luas, namun bola pingpong yang kecil dan ringan dapat melesat cepat jika dipukul dengan keras. Oleh karenanya,pemain membutuhkan gerak kaki (footwork) yang baik.

Berbicara teknik footwork dalam tenis meja maka tidak terlepas dari teknik keseimbangan. Secara umum, teknik footwork merupakan teknik yang mengacu pada pergerakan langkah kaki dengan tujuan untuk menyeimbangkan tubuh dan bergerak secara efisien sehingga seorang pemain dapat melakukan pukulan dengan efektif.

Teknik footwork umumnya digunakan oleh pemain tenis meja yang sedang dalam posisi menyerang maupun bertahan. Lantas, apa alasan pentingnya menjaga keseimbangan tubuh dalam permainan tenis meja?

Keseimbangan tubuh adalah salah satu aspek kunci dalam permainan tenis meja, karena situasi  saat sedang bermain dapat berubah dengan sangat cepat, sehingga pemain harus mampu mempertahankan keseimbangan tubuhnya.

Footwork yang baik dapat membantu pemain tenis meja untuk mengambil posisi yang tepat sekaligus menjaga keseimbangan tubuhnya ketika terjadi perubahan arah secara tiba-tiba. Klik Footwork pada tenis meja

Tidak hanya itu, menjaga keseimbangan tubuh saat bermain tenis meja juga dapat membantu mengurangi risiko cedera. Sebab, keseimbangan tubuh yang baik akan membuat gerakan tubuh pemain menjadi lebih terkoordinasi. Hal ini perlu didukung dengan pemakaian sepatu yang tepat dan tidak licin agar terhindar dari resiko tergelincir.

Baca juga: Cara memilih sepatu tenis meja

Dengan menguasai teknik footwork dan didukung sepatu yang tepat maka pemain bisa meminimalisir risiko cedera selama latihan atau pertandingan sekaligus menjaga agar tubuhnya bisa tetap seimbang.

Itulah alasan pentingnya menjaga keseimbangan tubuh dalam permainan tenis meja, dan terdapat korelasi yang baik antara penguasaan teknik footwork dan penggunaan sepatu yang tepat 


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar