Cari Blog Ini

Selasa, 09 Juli 2024

Mengenal Lebih Dekat Karet Bintik Pada Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Seni dalam tenis meja tidak hanya menampilkan keindahan dalam bermain, tetapi juga dalam hal "meramu" alat yang digunakan, dalam hal ini adalah bet sebagai alat pemukul bola. Banyak pemain kewalahan saat menghadapi lawan dengan berkaret bintik. Bahkan ada pemain yang senang gonta-ganti karet bintik hanya untuk memenuhi hasratnya agar lawan kesulitan melawannya. Pemain galau Klik di sini.

Saat ini banyak kita jumpai pemain amatir yang bermain menggunakan karet bintik di sebagian sisi betnya, bahkan ada yang bintik bolak balik, baik pemain pemula maupun pemain tingkat lanjut. Alasannya beragam, mayoritas untuk menutupi kelemahan yang dimilikinya. Menutupi kelemahan menjadi kekuatan mematikan, mungkin seperti itu prinsipnya. Dalam kesempatan ini yuk kita mencoba belajar mengenal lebih dekat karet bintik pada tenis meja. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/menjadikan-kelemahan-sebagai-kekuatan.html?m=1

Bintik Serang / Bintik Pendek

Sesuai dengan namanya bintik serang/bintik pendek mempunyai manfaat untuk pukulan menyerang seperti open loop, spin, smash. Sesuai dengan namanya, bintik serang kalau tidak digunakan untuk menyerang akan menjadi sasaran pukul bagi lawan, sehingga akan menjadi musuh dalam selimut, alias senjata makan tuan. Karet bintik serang mempunyai efek nyungsep / efek distrubtivenya sangat kurang, sehingga efek bagi lawan seperti layaknya melawan karet licin serang biasa. Untuk meningkatkan efek nyungsep, karet bintik serang dapat menggunakan spons dengan ketebalan 1.5 atau 1.7 mm.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/09/spons-tebal-atau-spons-tipis-set-up.html?m=1

Bintik Medium / Bintik Semi

Bintik medium adalah perpaduan antara bintik pendek dan bintik panjang. Tidak saja baik digunakan untuk menyerang, bintik medium juga mempunyai efek seperti bintik panjang. Karet bintik jenis ini banyak digemari karena penggunaannya memiliki kesamaan dengan bintik pendek namun mempunyai efek layaknya bintik panjang. 

Bintik Panjang

Mempunyai bintik yang lebih panjang dibanding bintik pendek dan medium, bintik panjang mempunyai karakter berbeda. Sifat bintik panjang adalah meneruskan putaran, sehingga jika bola kontak dengan karet ini maka efek yang timbul antara lain adalah mengubah jenis bola yang datang (misal bola top spin akan berubah menjadi back spin), begitu sebaliknya. 

Namun begitu, bermain menggunakan karet bintik tak semudah yang kita kira, tetap harus melalui proses latihan dan wajib dengan skill yang memadai. Untuk pemain tenis meja pemula sebaiknya tetap menggunakan karet licin untuk mempelajari berbagai teknik pukulan tenis meja terlebih dahulu, karena bermain tenis meja tidak bisa hanya mengandalkan alat. Skill / keterampilan sangat penting dalam bermain tenis meja,  sedangkan alat hanya  sebagai alat pendukung. 


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar