Cari Blog Ini

Senin, 22 Juli 2024

Membangun Chemistry pada Pasangan Double Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 



Tenis meja merupakan olahraga permainan yang mempertandingkan sektor tunggal putra,  tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran pada pertandingan resmi. Namun pada sektor ganda/ double terasa lebih kompleks, karena membutuhkan chemistry bagi kedua pemain.

Kalau kita bicara tentang pertandingan double tenis meja, sektor ini dimainkan oleh sepasang pemain. Karena  double, maka yang dibutuhkan adalah skill, kekompakan, kecepatan, mental dan chemistry. Semua hal tersebut wajib dimiliki oleh setiap pasangan double. Pemain juga dapat melakukan komunikasi dengan kode-kode tertentu.

Baca juga: Kode jari untuk servis tenis meja ganda

Jika permainan tunggal/ single seluruh lapangan menjadi area pribadi, dan pemain tidak perlu melakukan koordinasi. Kita hanya butuh mengatur dirinya sendiri. Sedangkan pada permainan ganda/ double, dibutuhkan keterampilan lain. Salah satunya adalah chemistry. Kedua pemain harus kompak satu sama lainnya. Kekompakan itu menjadi alat komunikasi di antara mereka. Pasangan double yang sudah muncul chemistry, maka akan terlihat kompak karena sudah memahami gaya bermain masing-masing. Satu sama lain akan saling menutupi, mereka tidak perlu teriak-teriak mengatur pasangan. Mereka sudah paham apa yang harus dilakukan saat di lapangan

Chemistry adalah bahasa hati, energi yang datang dari hati, tidak dapat dilihat tetapi hanya bisa dirasakan. Karena chemistry merupakan bahasa hati, maka yang perlu dilatih adalah kesamaan rasa dan karsa. Kedua pemain harus sama-sama terbuka, jujur, dan saling menghargai. Mereka harus paham bahwa permainan untuk menang adalah tanggung jawab bersama. Maka dari itulah chemstry mampu melahirkan energi untuk juara.

Chemistry di lapangan menjadi salah satu faktor penting bagi para pemain tenis meja yang bermain double. Pasalnya, chemistry yang baik akan menghasilkan performa yang baik pula.

Namun, tahukah kalian bahwa untuk membangun sebuah chemistry yang baik tidaklah mudah? Komunikasi dibutuhkan di lapangan serta hubungan personal yang baik pada para pasangan double tenis meja. Dan ternyata komunikasi di lapangan juga tidak mudah.

Walau begitu teruslah berlatih dan belajar meningkatkan kekompakan dengan menjalin komunikasi yang baik dengan pasangannya demi terciptanya chemistry dalam bermain double.


Semangat sehat dan salam 🏓






Tidak ada komentar:

Posting Komentar