Cari Blog Ini

Selasa, 04 Juni 2024

Bagaimana Membersihkan Lem dari Lembaran Spons Karet Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Bagi pemain tenis meja, menempel dan melepas karet pada kayu/ bet adalah hal biasa dan itu adalah pekerjaan yang mudah. 

Bagi pemula, tentu dalam memasang/ menempel karet akan menjadi PR, apalagi jika untuk pertama kalinya. Secara fungsional mungkin tidak ada masalah, tetapi secara estetika buruk, karena tampak tidak rapih. Hal seperti ini tentu membuat kesal. 

Memasang/ menempel karet yang sudah dipotong memang tidak mudah, harus pas dan disesuaikan agar hasilnya rapih. Ada trik atau cara melakukannya agar hasilnya memuaskan?

Disarankan untuk menggunakan lem air / WBG (Water Base Glue) saat pengeleman. Oleskan dengan rata di permukaan spons dan kayu. Tunggu sampai kering, kemudian direkatkan dengan presisi. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/tips-memasang-karet-tenis-meja-agar.html?m=1

Link di atas disertai video yang menjelaskan cara memasang karet yang sudah terpotong dengan bantuan plastik agar memudahkan menjadi presisi, bisa juga peran plastik digantikan dengan kertas. 

Tidak hanya dalam menempel karet ke kayu/ bet, membersihkan lem dari spons juga terkadang mengesalkan. Sebelum melakukan pengeleman tentu permukaan spons dan kayu  harus dibersihkan dahulu dari sisa lem yang masih tersisa. 

Bagaimana cara membersihkan lem dari spons dan kayu? Gosok saja dengan jari tangan secara perlahan hingga lem terangkat sempurna. 

Jika mempunyai tips yang lain silahkan tulis di kolom komentar agar kita bisa memgambil manfaatnya bersama-sama.


Semangat sehat dan salam 🏓




3 komentar:

  1. Untuk menghilqngkan lem dari karet spon ada cara lagi supaya tidak lengket
    1. Taburi dengan sagu topis saja sampai merata lalu lem di bersihkan dengan jari tangan
    2. Karena kalau langsung akan lengket apa lagi cara membersih kan karet bintik dari lem yang sdh merekat ke karet lebih sulit lagi, jika di taburi akan lebih mudah yang penting harus sabar karena karet bintik lebih sulit utk membersihkannya terutama bintik yang sdh di proses

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap om, ini menjadi pengetahuan baru dan semoga bermanfaat buat kita semua. Tks om..

      Hapus