Cari Blog Ini

Jumat, 20 September 2024

Mengapa Tenis Meja Tak Sepopuler Cabang Olahraga Lain?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 




Tenis meja merupakan cabang olahraga yang sudah lama dikenal di Indonesia. Namun popularitasnya jauh tertinggal dari cabang olahraga lainnya seperti sepakbola maupun bulutangkis.

Penyelenggaraan turnamen tenis meja menjadi upaya lebih mengangkat derajat olahraga yang satu ini. Terkadang area publik seperti mall menjadi pilihan penyelenggara. Bukan tanpa alasan, penyelenggaraan turnamen tenis meja di tempat umum berpeluang ditonton oleh lebih banyak orang sehingga dapat meningkatkan ketertarikan menyaksikan pertandingan dan bukan tidak mungkin akan menumbuhkan minat untuk menekuni olahraga tenis meja. 

Memang terlalu mengawang-awang untuk menargetkan tenis meja bisa menandingi popularitas sepakbola atau bulutangkis di Indonesia. Tetapi yang lebih penting adalah bagaimana agar tenis meja  bisa lebih menarik sehingga semakin banyak penonton. Dengan banyaknya turnamen yang diselenggarakan, akan sangat membantu promosi olahraga yang satu ini.

Kesenjangan kualitas antar pemain menjadikan tenis meja seringkali kurang menarik untuk ditonton, karena bola sangat cepat mati dan jarang terjadi rally panjang. Penghitungan rally poin 11 juga menjadikan pertandingan tenis meja berjalan relatif cepat selesai. Drama dan ketegangan yang dirasakan di cabang lain kurang muncul di cabang tenis meja. 

Perlu adanya kajian dan langkah terobosan untuk membuat tenis meja lebih menarik ditonton dan bisa mengundang lebih banyak lagi penonton. Tenis meja butuh tokoh dan figur yang mampu mempopulerkan dan mengangkat derajat tenis meja lebih tinggi. 

Baca juga: Ini bukan sekedar pingpong

Dibalik kurang populernya tenis meja, masih banyak kelebihan dari olahraga yang satu ini, salah satunya adalah silaturahmi tanpa batas antar pemain yang terbilang solid jika dibandingkan cabang olahraga lain. Para pemain penghobi sangat menjaga pertemanan dengan rasa kekeluargaan. Semoga di elit induk organisasi juga demikian adanya, sehingga tujuan memajukan dan mempopulerkan tenis meja semakin mudah untuk direalisasikan.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar