Cari Blog Ini

Senin, 30 September 2024

Bagaimana Memilih Karet Untuk Backhand pada Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 




Karet menjadi salah satu topik diskusi paling menarik bagi sebagian pemain tenis meja. Pasalnya, banyak jenis karet dan kegunaannya yang berbeda, sehingga kita harus jeli dalam memilih karet baik untuk backhand maupun forehand.

Memilih karet untuk backhand tidak sama dengan karet untuk forehand. Setiap pemain mempunyai kemampuan bermain yang berbeda-beda, sehingga kebutuhan jenis karetnya juga berbeda antara pemain satu dan lainnya.

Pada umumnya, pukulan forehand lebih keras dan lama dibanding pukulan backhand yang lebih pendek dan cepat

Untuk forehand, banyak pemain memilih karet yang hard atau sangat keras, atau karet China yang memiliki putaran banyak. Alasannya karena pada sisi forehand pukulannya bisa sangat keras. Dalam melakukan pukulan forehand kita dapat memukul sambil memutar seluruh badan untuk menghasilkan pukulan penuh tenaga. 

Sedangkan pada backhand, kita biasanya hanya bisa melakukan pukulan  di depan tubuh saja. Jadi, pukulan backhand jauh lebih pendek, dan lebih lemah dibandingkan pukulan forehand.

Baca juga: Karet apa yang cocok untuk permainan kita?

Itulah yang menjadi alasan mengapa pada sisi backhand harus bermain dengan karet yang lebih lembut (sedang), karena karet yang terlalu lunak akan membuat bola keluar dari posisi bawah dan karet yang terlalu keras membuat bola sulit diputar.

Jika ditanya berapa kekerasan optimal karet untuk backhand? Tentu ini tergantung dari seberapa keras pukulan backhand pemain tersebut. Pemain profesional lebih cenderung memakai karet yang sangat keras, sedangkan pemula memakai karet yang lebih lembut.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar