Cari Blog Ini

Rabu, 25 September 2024

Manfaat Pisang Pada Stamina Pemain Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 



Tenis meja merupakan olahraga bola kecil yang menuntut pemainnya untuk bergerak cepat dan lincah jika tidak mau dengan mudah kehilangan poin. Untuk mewujudkannya pemain membutuhkan stamina yang prima selama pertandingan.

Sebelum memulai pertandingan, banyak atlet memilih untuk ngemil atau mengkonsumsi buah pisang. Bukan tanpa alasan, karena buah pisang kaya manfaat yang sangat baik bagi stamina sang atlet.

Baca juga: Cara meningkatkan stamina tenis meja

Salah satu buah yang memiliki banyak kandungan gizi yang baik adalah pisang. Pisang memiliki kandungan karbohidrat, gula, kalium, mineral, hingga vitamin C, sehingga sangat bagus sebagai salah satu sumber energi untuk para atlet.

Kalium yang terkandung dalam buah pisang memiliki manfaat dalam berbagai fungsi tubuh seperti pergerakan otot, regulasi kadar air dalam tubuh, dan mencegah kram, menjaga tekanan darah dan fungsi saraf.

Kandungn karbohidrat dan gula pada pisang dapat memberikan energi tambahan untuk menjaga konsentrasi tetap tajam selama pertandingan.

Menurut penelitian, makan pisang sebelum dan selama pertandingan dapat meningkatkan kinerja atlet. Para peneliti dari Apparalchian State University ini menemukan bahwa waktu kinerja atlet sekitar 5 persen lebih cepat ketika mereka mengonsumsi pisang dibandingkan hanya minum air mineral.

Jika dikonsumsi setelah latihan, buah pisang dapat membantu mengisi kembali simpanan glikogen pada otot, sehingga membantu pemulihan dengan cepat dan mengurangi nyeri otot. Kandungan gula alami pada pisang juga dapat memulihkan tingkat energi setelah latihan.

Baca juga: Hindari kelelahan berlebih (fatigue)

Tidak hanya atlet tenis meja, atlet cabang olahraga lain juga memfavoritkan konsumsi buah pisang karena sifatnya yang mudah dicerna dan kaya manfaatnya tersebut.


Semangat sehat dan salam 🏓





Tidak ada komentar:

Posting Komentar