Cari Blog Ini

Senin, 02 September 2024

Karet Bintik Panjang Dilarang Dalam Pertandingan Resmi Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 




Tenis meja memang unik. Disamping putaran bolanya yang harus dipelajari, peralatannya (baca: bet) juga bermacam karakter. Sehingga bermain tenis meja membutuhkan keterampilan khusus dan kejelian dalam memilih peralatan yang akan digunakan.

Beragam karet yang bisa digunakan oleh pemain, salah satunya adalah karet bintik panjang atau Long Pips (LP). Namun sayangnya karet bintik panjang dilarang dalam pertandingan resmi tenis meja.

Lantas seperti apa syaratnya sehingga karet bintik panjang diperbolehkan dalam pertandingan resmi tenis meja?

Alat pemukul tenis meja (bet) mempunyai ukuran, berat dan bentuk beragam. Yang pasti, kayu/bet harus dilapisi karet di kedua sisinya, baik karet licin maupun bintik.

Jika karet bintik yang digunakan adalah OX (tanpa spons), maka ketebalan karet termasuk lapisan lem perekat tidak boleh lebih dari 2.0 mm. Dan jika menggunakan karet lapis (karet + spons) baik bintik maupun licin, maka ketebalannya tidak boleh lebih dari 4.0 mm sudah termasuk dengan lem perekat.

Syarat lainnya agar karet bintik boleh dipakai pada pertandingan resmi adalah kepadatan bintik/pips nya tidak kurang dari 10/cm2 dan tidak lebih dari 30/cm2. Selain itu ketebalan antara karet dan spons tidak boleh lebih dari 2mm.

Baca juga: Rahasia cara melawan karet bintik panjang

 Tuh, banyak syaratnya kan ajgar karet bintik panjang bisa ikut berlaga di pertandingan resmi? Ingat, untuk pertandingan resmi ya.. Untuk pertandingan/ turnamen penghobi dan kelas amatir lebih fleksibel dalam penerapannya. 


Semangat sehat dan salam 🏓



Tidak ada komentar:

Posting Komentar