Cari Blog Ini

Minggu, 18 Juni 2023

KOPI dan PINGPONG

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat

 


Bermain tenis meja membutuhkan performa yang baik, konsentrasi, mental dan sportifitas tinggi. Dalam keadaan pertandingan/ turnamen, menunggu giliran jam bertanding adalah waktu yang membosankan dan menguras energi. Mayoritas pemain mengisi waktu tersebut untuk berbincang dengan sesama pemain atau sambil menonton pertandingan. Waktu yang melelahkan memang, namun itulah resiko bagi setiap pemain yang mengikuti turnamen ketika panitia tidak menerapkan Time Table dalam pelaksanaannya, sehingga banyak waktu yang molor karenanya.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/time-table-tenis-meja-dan-liga-takasi.html

Bagi pemain dan sekaligus penikmat kopi, selain berbincang dan menonton pertandingan, waktu “menunggu” dinikmati sambil minum kopi. Seperti kita tahu, kopi mengandung kafein yang terdiri dari senyawa alami yang dapat ditemukan pula pada teh dan minuman berenergi. Kafein sendiri dapat membantu meningkatkan performa saat beraktifitas.

Minum kopi sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bagi banyak orang termasuk sebagian pemain tenis meja, karena kafein yang terkandung dalam kopi juga memberikan sensasi menyegarkan. Selain menyegarkan, kafein juga bermanfaat untuk aktifitas pemain tenis meja, diantaranya:

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Rasa mengantuk atau kurang fokus dalam suatu aktifitas, secangkir kopi dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan memberikan tambahan energi baru sehingga membuat tubuh lebih segar Itulah manfaat kafein yang paling dikenal oleh penikmat kopi khususnya.

Meningkatkan Performa

Selain  memiliki efek yang baik untuk kinerja fisik, kafein juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menunda rasa lelah selama menjalani aktivitas fisik yang intensif seperti saat mengikuti sebuah pertandingan atau turnamen. Dalam beberapa penelitian, mengonsumsi kafein sebelum berolahraga dapat meningkatkan performa tubuh, meningkatkan durabilitas, serta mengoptimalkan pembakaran lemak.

Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Suasana hati adalah efek positif lainnya dari kafein. Secangkir kopi atau teh dapat memperbaiki suasana hati, meningkatkan rasa bahagia, dan juga mengurangi stress, karena kafein dapat merangsang produksi dopamin yang terhubung dengan perasaan senang dan kepuasan.

Memperlancar Proses Pencernaan

Sifat stimulan yang dimiliki kafein dapat membantu memperlancar kinerja usus, sehingga dapat mengurangi resiko sembelit atau susah buang air besar dan memperlancar pencernaan.

Meningkatkan Mentalitas

Selain meningkatkan konsentrasi, kafein juga dapat meningkatkan mentalitas diri secara keseluruhan. Menurut  beberapa penelitian, kafein dapat meningkatkan kecepatan reaksi tubuh, memperbaiki memori jangka pendek serta meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Dan secara keseluruhan, kafein juga dapat meningkatkan mentalitas.

Terdapat korelasi antara kopi dan pingpong, karena minum kopi untuk beraktifitas bermain tenis meja dapat menjadi opsi yang efektif, karena kafein yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan konsentrasi, daya tahan tubuh, suasana hati, dan meningkatkan mental.

Mengonsumsi kafein disarankan dengan bijak dan tidak berlebihan. Kafein memang bisa membuat mata melek, namun terlalu banyak dosis kafein di tubuh bisa membuat susah tidur, cemas, diare, demam, sering buang air kecil, detak jantung terlalu cepat, hingga dada berdebar.

Bagi pemain tenis meja sekaligus penikmat kopi, perlu untuk selalu mengimbangi dengan pola hidup sehat, termasuk tidur yang berkualitas, makanan bergizi seimbang dan menjaga kebiasaan mengonsumsi minuman yang sehat.

 

Semangat sehat dan salam 🏓

 



 

2 komentar: