Cari Blog Ini

Rabu, 21 Juni 2023

Pasca Latihan Tenis Meja, Mana Yang Lebih Sehat? (minum air dingin atau hangat?)


Oleh: Kasmono Monex,  penggemar hidup sehat 



Tubuh kita membutuhkan kecukupan cairan tubuh. Kita memerlukan re-hidrasi pasca bermain tenis meja. Salah satu cara mengembalikan cairan tubuh yang hilang adalah dengan minum air putih. Lebih sehat yang mana,  minum air hangat atau air dingin?

Seringkali menjadi perdebatan, lebih sehat air dingin atau air hangat? Sama-sama berfungsi mengembalikan cairan tubuh, yang membedakan adalah perbedaan suhu memberikan efek berbeda di dalam tubuh peminumnya. 

Air Dingin

Jikai kita masih akan menlanjutkan bermain tenis meja, minum air dingin punya efek positif. Suhu yang lebih rendah menjaga temperatur tubuh tetap terjaga, sehingga mampu melanjutkan permainan lebih lama tanpa risiko overheat.

Menurut pakar nutrisi olahraga Nancy Clark seperti dikutip dari WebMD, "air dingin lebih menyegarkan, dan mendinginkan tubuh sedikit lebih baik".

Namun pada kondisi tertentu (sedang flu misalnya), minum air dingin memiliki efek negatif. Air dingin cenderung merangsang produksi lendir pernapasan. Dan bagi yang punya riwayat migrain, suhu air minum yang tidak sesuai dengan suhu tubuh (dingin) dapat menjadi pemicu kambuhnya migrain.

Air Hangat

Air hangat lebih mudah diterima oleh sistem pencernaan karena lebih mendekati suhu tubuh, sehingga metabolisme tubuh lebih tidak terpengaruh.

Air hangat dapat merangsang keluarnya keringat, yang diyakini oleh beberapa orang 

sebagai mekanisme pengeluaran racun sisa metabolisme tubuh. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/tips-bermain-tenis-meja-saat-cuaca-panas.html?m=1

Meski demikian, yang paling dibutuhkan oleh tubuh sehabis olahraga adalah sesegera mungkin menggantikan cairan tubuh yang hilang karena berkeringat. Berbagai fungsi organ akan terganggu saat tubuh kekurangan cairan. Minum air dingin atau hangat tak akan menjadi masalah serius jika kita dalam kondisi sehat.

Pastikan saat akan melakukan latihan atau bermain tenis meja tubuh kita dalam kondisi sehat. Dan jika terasa kurang fit,  tunda dulu rencana latihan dan segera kunjungi dokter keluarga. 


Semangat sehat dan salam 🏓




2 komentar: