Cari Blog Ini

Kamis, 22 Juni 2023

Menang 11-0 Dilarang Dalam Tenis Meja?


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Dalam Tenis Meja, permainan menjadi menarik ditonton jika jalannya pertandingan berjalan seimbang. Jika permainan tidak seimbang,  selain membosankan untuk ditonton, juga akan dengan mudah memprediksi pemain mana yang akan keluar sebagai pemenang. 

Benarkah ada aturan tidak tertulis dalam tenis meja bahwa kita tidak boleh mengalahkan lawan dengan poin 11-0?

Pertanyaan menarik, namun jawabannya tidak akan objektif. Jika pertanyaannya "Apakah ada aturan tertulis"? Jawabannyapun dapat dikonfirmasi secara tertulis. 

Dalam konteks latihan yang sifatnya bersenang-senang, mengalahkan dengan poin 11-0 mungkin dianggap mempermalukan teman main, dan kurang menjaga etika kesopanan. 

Tetapi jika bermain pada sebuah turnamen  atau pertandingan kompetitif, semua pemain akan berusaha mencoba memenangkan setiap poin jika memungkinkan. 

Bahkan jika kemampuan pemain tidak berimbang sekalipun, pemain lawan tidak mempunyai kewajiban untuk bermain kurang baik atau dengan sengaja kehilangan poin, karena dalam pertandingan sudah ditentukan berdasarkan kelas yang sama.  

Dalam sebuah pertandingan, kita berusaha tampil sebaik mungkin dan berusaha tidak kehilangan poin demi poin. Sayangnya,  hal seperti ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Untuk memperoleh satu poin saja kita membutuhkan konsentrasi dan perjuangan yang tidak mudah. Kelengahan sedikit saja yang kita lakukan akan dimanfaatkan lawan untuk mengalahlan kita. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/kompetisi-tenis-meja-sebagai-barometer.html?m=1

Sepengetahuan saya, tidak ada aturan tertulis bahwa pemain dilarang mengalahkan dengan poin 11-0. 

Dan pada intinya, tidak ada aturan tidak tertulis dalam Tenis Meja bahwa kita tidak boleh mengalahkan lawan 11-0. Kedepankan sportifitas setiap kali kita mengikuti pertandingan, apapun hasilnya.



Semangat sehat dan salam 🏓






     



  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar