Cari Blog Ini

Selasa, 27 Agustus 2024

Secara Mental, Bagaimana Cara Menghadapi Keberuntungan Dalam Permainan Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 




Dalam olahraga tenis meja, seringkali terjadi hal-hal yang tidak kita pikirkan sebelumnya dan menguntungkan kita, itulah namanya keberuntungan. Namun bagaimana jika keberuntungan justru berpihak kepada lawan? Lantas bagaimana cara menghadapi keberuntungan dalam permainan tenis meja?

Dalam beberapa pertandingan tenis meja, ada saat-saat ketika bola menyentuh bagian net, dan dalam sepersekian detik, bola bisa maju atau mundur. Dengan sedikit keberuntungan, bola akan maju dan jatuh di meja lawan, dan kita menang, dan itulah keberuntungan.

Atau, ada saat-saat ketika bola jatuh hanya menyentuh bagian pinggir meja lawan, sehingga arah bola tidak bisa dikendalikan oleh lawan, itulah keberuntungan. Keberuntungan terjadi secara kebetulan, orang biasa menyebutnya sebagai hoki.

Tetapi bagaimana jika keberuntungan berpihak kepada lawan, sementara kita yang mengalami kerugian? Cara menyikapinya tentu harus dengan cara yang sehat dan tidak emosional. Itu jika dilihat dari sisi ketangguhan mental.

Keberuntungan merupakan kata yang paling umum digunakan untuk menggambarkan variasi hasil yang paling dipengaruhi oleh kebetulan.

Baca juga: Menang karena hoki-dalam tenis meja

Setiap pemain harus menyiapkan mental sebelum bertanding. Demikian juga ketika lawan mendapatkan keberuntungan, sikapi dengan santai dan sehat. Jangan merasa kecewa, dan yakinkan bahwa setiap perolehan poin kita  berasal dari elemen seperti usaha kita sendiri, rencana kita sendiri, dan tindakan kita sendiri. Jangan terlalu terpaku pada kemampuan orang lain. Keberuntungan hanyalah faktor x yang datangnya secara kebetulan. 

Baca juga: Cara menyikapi kekalahan dalam tenis meja

Jika keberuntungan belum berpihak kepada kita, teruslah berjuang dengan kemampuan terbaiknya. Jika semua usaha kita sudah maksimal, jaga psikologis agar tetap tegar menerima hasilnya secara sportif.


Semangat sehat dan salam 🏓



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar