Cari Blog Ini

Jumat, 02 Agustus 2024

Pola Menyerang dalam Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 



Menyerang adalah pertahanan terbaik. Sering kita mendengar pepatah tersebut dalam dunia olahraga, tak terkecuali pada tenis meja.

Secara umum, artinya adalah bahwa pemain tenis meja melakukan tindakan menyerang secara proaktif (tindakan ofensif yang kuat), sehingga menghasilkan permainan menyerang yang strategis.

Baca juga: Benarkah pertahanan terbaik adalah menyerang?

Baca juga: Bermain menyerang atau bertahan?

Teknik serangan dalam tenis meja secara umum ada dua, yaitu menggunakan forehand maupun backhand. Dari perspektif pemain bertangan kanan, jika bola datang ke arah kanan maka gunakan forehand. Dan bola ke arah kiri bisa menggunakan backhand. Cara sebaliknya berlaku bagi pemain kidal.

Beberapa pola serangan dalam tenis meja yang kita kenal diantaranya: 

Forehand Drive

Forehand Drive merupakan teknik serangan dengan putaran bola topspin. Serangan jenis ini dilakukan dengan posisi kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang serta ayunan bet ke arah depan kiri atas.

Backhand Drive

Teknik backhand drive kurang lebih sama seperti forehand drive yakni bola topspin, namun kali ini dilakukan dengan teknik backhand.

Forehand Smash

Teknik forehand smash menghasilkan pukulan keras dengan bola menghujam ke bawah. Gerakan lengan diayunkan ke atas untuk menekan bola ke bawah, pukulan dilakukan saat titik pantul bola tertinggi.

Backhand Smash

Teknik ini sama dengan forehand smash, hanya saja dilakukan dengan sisi backhand, dimana gerakan pukulan smash untuk menekan bola ke bawah. Pergelangan tangan sangat membantu tekanan juga mengatur arah pukulan bola.

Forehand Loop Drive

Pukulan ini mengandalkan topspin, dan dilakukan dengan menggesek bola ke atas dari posisi awalan bet sangat rendah atau mendekati lutut kaki kanan, hingga berhenti di sejajar kepala. Loop drive dilakukan dengan kekuatan arah depan yang rendah.

Untuk melakukan berbagai pola serangan tersebut tentu dibutuhkan keterampilan yang baik dengan ditunjang fisik yang memadai, sehingga terciptalah serangan yang proaktif, kuat dan strategis untuk mendapatkan keuntungan perolehan poin.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar