Cari Blog Ini

Jumat, 23 Agustus 2024

Taktik Servis dalam Permainan Tenis Meja Pasca Mengidentifikasi Permainan Lawan

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 




Dalam tenis meja, servis adalah pukulan pertama yang dilakukan oleh pemain untuk memulai permainan. Cara melakukan servis sangat penting dan berpengaruh terhadap permainan. Taktik servis juga harus disesuaikan dengan karakter permainan lawan, pemain dengan dominan forehand atau backhand, sehingga kita harus mengidentifikasi permainan lawan agar tepat dalam menjalankan taktiknya.

Baca juga: Cara identifikasi permainan lawan

Taktik servis untuk melawan pemain dominan forehand

Di posisi mana dan cara melakukan servis sangat penting dalam suatu pertandingan tenis meja. Tujuannya adalah untuk mengurangi kekuatan serangan lawan. Taktik servis terbaik kepada lawan yang dominan forehand adalah pendek ke sisi forehand yang lebar dan sisi backhand.

Pemain tenis meja dominan forehand mempunyai 3 titik lemah: panjang pada sisi backhandnya, pendek dan panjang pada sisi forehand yang lebar. Jika kita melakukan servis panjang ke sisi backhandnya, lawan akan menerima dengan sisi lemahnya (backhand). Atau jika lawan ingin menggunakan kekuatannya (forehand), maka lawan harus melangkah. Itu sebabnya servis panjang atau pendek pada sisi forehand yang lebar dapat mengejutkan lawan, sehingga kita bisa mendapatkan poin secara langsung maupun mendapat keuntungan besar untuk menyerang bola berikutnya. Jika arah servis dikombinasi dengan 3 titik lemah lawan tersebut, akan mengurangi kekuatan lawan secara signifikan (serangan forehand).

Taktik servis untuk melawan pemain dominan backhand 

Pemain tenis meja dominan backhand akan lebih banyak menggunakan teknik backhand untuk menutupi meja sebanyak mungkin dengan posisi berdiri di sisi tengah meja dengan kaki sejajar.

Titik terlemah pemain dominan backhand adalah pada sikunya. Kita harus melakukan servis untuk memaksa siku lawan bergerak agar lawan berada dibawah tekanan dan untuk mengurangi kualitas tembakannya. Servis yang dianjurkan adalah panjang di bawah siku/ lebar di sisi backhand, pendek di sisi depan forehandnya. Servis panjang di bawah siku akan membuat ragu pengambilannya, akan menggunakan backhand atau forehand. Dan servis pendek ke sisi forehand juga memaksa lawan untuk bergerak lebih jauh ke kanan, dan kemudian kita bisa menyerang ke kiri untuk mendapatkan poin. 

Teruslah menjaga konsentrasi saat bermain agar kita dapat memperoleh sesuai strategi yang diterapkan.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar