Cari Blog Ini

Rabu, 14 Agustus 2024

Perkembangan dan Tren Baru dalam Tenis Meja



Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 



Tenis meja merupakan olahraga dinamis yang selalu berkembang dan harus dikembangkan menjadi tren baru. Saya rasa semua insan tenis meja setuju dengan pendapat tersebut karena mereka mengetahui pada dasarnya tenis meja memiliki prinsip putaran, kecepatan, kekuatan dan penempatan.

Kalau dulu pemain mengandalkan serangan yang stabil dan kuat, kini tren nya bergeser menjadi serangan cepat dan serangan balik di dekat meja.

Mengapa tren nya berubah? Hal ini karena hadirnya bola baru dan pelarangan terhadap lem anorganik (lem kecepatan). Dengan dilarangnya penggunaan lem kecepatan dan ditambah dengan penggunaan bola 40+ menjadikan kekuatan, kecepatan dan putaran lebih lemah.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/search?q=Bola+40%2B&m=1

Kini setelah banyak penelitian dan pengembangan oleh produsen peralatan besar, semua jenis bahan serat ditambahkan ke bet, sehingga perlambatan kecepatan hampir tidak ada. Karet dengan karakter keras juga berperan terhadap tenis meja menjadi lebih cepat.

Dominasi serangan backhand 

Mengapa teknik backhand lebih dianjurkan? Dengan bola 40+ yang cenderung lebih pelan, kita lebih baik bermain dekat meja. Teknik backhand memiliki gestur gerakan lebih kecil, sehingga cocok ketika bermain dekat meja. Hal ini membuat pukulan backhand secara akselerasi menjadi lebih natural dibanding dengan pukulan forehand. Teknik backhand dekat meja menjadi andalan pemain Mima Ito, Sun Yingsha, Chen Meng dan Wang Manyu. Mereka menghasilkan permainan yang kuat dan cepat.

Walaupun begitu, teknik forehand mempunyai keuntungan bawaan seperti waktu persiapan yang lebih lama, ruang penyesuaian yang lebih luas, dan kekuatan yang lebih besar. 

Bagaimana, kita sudah siap menghadapi tren baru bermain tenis meja dengan cepat di depan meja? Siapkan segala sesuatunya, dari teknik, kelincahan, reflek, strategi dan sebagainya.

Untuk bisa mengikuti tren tenis meja saat ini, pemain harus fokus pada kecepatan, pinjam kecepatan lawan, pukul saat memantul di atas meja, dan lakukan serangan balik dengan cepat dan tetap dekat dengan meja.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar