Cari Blog Ini

Kamis, 15 Agustus 2024

Kalahan Bermain Tenis Meja Meskipun Sudah Berlatih Rutin

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 




Seringkali kita mendengar keluh kesah dari teman "sudah latihan rutin, tapi kok kalahan setiap kali bermain?". Pernah merasa sebal ketika melihat pemain lain yang banyak mengalami kemajuan prestasi dibanding kita?  Padahal tempat latihannya sama, porsi latihan dan pelatihnya juga sama, bahkan durasi latihannya juga sama. Kok bisa pemain lain lebih maju dibanding kita? 

Kenapa hasil dari latihan tenis meja itu berbeda-beda pada setiap pemain?Walaupun semua pemain telah melakukan latihan tenis meja dengan rutin, namun jangan berpikir jika hasil yang akan didapatkan akan sama. Pasti akan ada perbedaan hasil, meski tidak terlalu jauh.

Baca juga: Mudah bermain tenis meja tetatpi kenapa sering kalahan?

Pada dasarnya, tubuh memiliki respon yang berbeda-beda terhadap latihan tenis meja yang telah kita lakukan. Latihan rutin tentu akan mempengaruhi berbagai fungsi dan proses yang terjadi di dalam tubuh. Namun pengaruh yang terjadi pada setiap pemain tidak sama.

Bahkan sebuah penelitian yang berasal dari Jepang menyatakan bahwa ada kelompok pemain yang tubuhnya resisten atau kebal terhadap pengaruh aktivitas fisik, termasuk latihan rutin. Hal ini berkaitan dengan gen yang dimiliki oleh pemain tersebut.

Gaya hidup juga memengaruhi respon tubuh terhadap latihan rutin yang kita lakukan. Rasa ingin tahu, semangat dan mau belajar merupakan motivasi untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan rutin selain gen yang kita miliki.

Barometer setelah menjalani latihan tenis meja secara rutin adalah adanya peningkatan keterampilan dalam bermain, penguasaan teknik dasar, strategi dan kemampuan fisik yang cukup. 

Dalam bermain tenis meja wajar jika terkadang menang atau kalah. Untuk terhindar  dari menjadi pemain kalahan walaupun sudah berlatih rutin, berlatihlah lebih serius dengan target tertentu. Bersainglah secara sportif dan nikmati prosesnya. Karena untuk menjadi juara juga dipengaruhi banyak faktor. Selain keterampilan, gen pemain dan dekat dengan Dewi Fortuna juga sangat berperan.

Baca juga: Siapkan mental untuk siap menang dan siap kalah

Penguasaan teknik dasar dan cara bermain menjadi modal awal untuk melangkah maju. Tenis meja adalah olahraga cepat yang membutuhkan kelincahan dengan dukungan stamina dan fisik yang baik. Melakukan sparing partner untuk mengaplikasikan teknik yang dimiliki menjadi kesempatan terbaik. Setelah itu lakukan evaluasi, perbaiki dan tingkatkan!!


Semangat sehat dan salam 🏓



Tidak ada komentar:

Posting Komentar