Cari Blog Ini

Kamis, 04 April 2024

Faktor Kondisi Fisik Pemain Tenis Meja Dominan Menjadi Penentu Prestasi

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Olahraga tenis meja membutuhkan keterampilan, kecerdasan berpikir, mental yang wajib dimiliki oleh pemainnya. Tetapi penguasaan itu saja belum cukup untuk menjadi penentu prestasi tanpa ditunjang dengan kondisi fisik yang baik.

Seperti kita tahu, kondisi fisik yang baik sangat berpengaruh untuk mendukung mendapatkan prestasi lebih tinggi. Fisik yang baik melingkupi beberapa komponen, antara lain, kekuatan, daya tahan, daya ledak otot, kecepatan, koordinasi, fleksibilitas, kelincahan, keseimbangan, ketepatan, dan reaksi. 

Tentu, komponen-komponen fisik tersebut harus dikembangkan dan dilatih secara rutin agar fleksibilitas pergelangan tangan, fleksibilitas pinggul, waktu reaksi, koordinasi mata-tangan, kelincahan, dan power otot lengan dapat terkoordinasi dengan baik saat bermain.

Namun dalam penanganannya, setiap pemain memiliki kondisi fisik yang berbeda tergantung dari jenis kelamin, aktiftas sehari-hari dan lain-lain.

Dengan pendekatan ilmiah dalam melatih merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan dalam dunia kepelatihan saat ini. Bukan tanpa alasan, dengan bantuan ilmu lainnya yang dikuasai seorang pelatih akan sangat membantu dalam proses pencapaian sasaran yang ditargetkan. 

Jika pelatih hanya berdasarkan pengalaman saja dalam pelatihannya, kelak akan menemui kesulitan dalam mencapai sasaran. Perkembangan iptek mengalami perkembangan yang pesat dan kita tidak bisa menutup mata dalam menyikapinya. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/06/science-untuk-peningkatan-prestasi.html?m=1

Pelatih harus berwawasan ilmiah yang mampu menerima ide-ide baru, berusaha mencari jawaban-jawaban brilian, evaluasi terhadap tehnik baru, serta dalam membuat keputusan selalu didasari atas data-data.

Pasti kita sepakat bahwa semakin tinggi kualitas tehnik yang harus dikuasai oleh seorang pemain tenis meja maka akan semakin besar pula kebutuhan fisik yang dibutuhkan.

Itulah mengapa faktor kondisi fisik pemain tenis meja harus prima, karena kondisi fisik sangat dominan menjadi penentu prestasi.


Semangat sehat dan salam 🏓

 



3 komentar:

  1. referensi latian utk peningkatan fisik dalam tenis meja...pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lari (divariasikan) dan angkat beban om

      Hapus
    2. https://kasmonomonex.blogspot.com/2024/04/bagaimana-latihan-fisik-pada-pemain.html?m=1

      Hapus