Cari Blog Ini

Senin, 29 April 2024

Gerakan Twidle dalam Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 



Pemain tenis meja yang sering melakukan gerakan twidle biasanya memakai karet bintik panjang. Dan jika pemain tersebut ahli melakukannya, maka bisa jadi akan membingungkan bagi lawannya.

Apa itu gerakan twidle?

Twiddling merupakan gerakan memutar blade / bet di tangan kita saat sedang bermain tenis meja untuk mengubah sisi bet mana yang akan digunakan untuk memukul bola. Tujuannya adalah untuk menambah variasi pukulan dan untuk menjebak lawan untuk melakukan kesalahan dalam antisipasi. 

Apakah pemain yang berkaret dengan karakter sama di kedua sisi bet boleh melakukan twidle? Tentu tak ada larangan, namun hal ini sangat jarang terjadi, karena biasanya tidak sepadan dengan usaha yang dilakukan.

Gerakan twidle biasa dilakukan dengan menggunakan bantuan pergelangan tangan dan tiga jari terbawah tangan pemukul (pada pegangan shakehand). Umumnya arah putarannya berlawanan dengan arah jarum jam untuk pemain tangan kanan, dan searah jarum jam untuk pemain kidal, sedangkan ibu jari dan jari telunjuk dilonggarkan. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2024/02/gaya-memegang-bet-dan-manfaatnya.html?m=1

Pada pemain yang sudah ahli dan berpengalaman, terkadang akan melakukan twidle lebih dari satu kali putaran untuk mempersulit lawan mendeteksi sisi bet mana yang sedang digunakan.

Alasan utama pemain melakukan twidle adalah untuk memberikan pukulan yang lebih variatif dengan menggunakan permukaan bet yang berbeda pada forehand dan backhand. Peluang pemain lawan melakukan kesalahan cukup besar, karena akan terpengaruh tempo dan ritme permainan yang ditimbulkan. 

Twidle sangat baik diperagakan saat pemainmenggunakan karet (seperti anti-spin atau bintik panjang) yang kurang dikenal atau dipahami oleh lawan, namun juga memiliki karet normal di sisi lainnya.  

Jika lawan tidak cermat, lawan akan frustrasi dan membuat kesalahan sendiri. Gerakan twidle dapat mengalihkan perhatian lawan dari konsentrasi, sehingga dapat melelahkan mental lawan.

Keterampilan gerakan twidle sebenarnya hanya membutuhkan waktu sekitar satu bulan, namun keterampilan bagaimana mengetahui kapan saatnya harus memutar bet akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Tetaplah bersabar dan tekun dalam setiap latihan, karena tidak ada keterampilan yang kita dapat secara instan.


Semangat sehat dan salam 🏓 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar