Cari Blog Ini

Rabu, 03 April 2024

"Peraturan" Baru untuk Tenis Meja


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Tenis meja merupakan olahraga yang dimainkan dengan peraturan pertandingan yang sudah ditetapkan oleh badan tenis meja dunia (ITTF) maupun badan tenis meja nasional (PTMSI). Ada beberapa peraturan yang tidak tertulis dan ditegakkan atas nama sportifitas dan etika pemain.

Peraturan tetaplah peraturan berdasarkan yang sudah ditetapkan oleh lembaga terkait, dalam hal ini PTMSI maupun ITTF. Tetapi pada faktanya, ada beberapa "peraturan" baru dan layak diterapkan dalam permainan.

Bersihkan keringat dari meja

Bermain tenis meja membuat kita berkeringat banyak. Terkadang tanpa kita sadari keringat menetes di meja, dan sudah selayaknya kita akan membersihkan keringat kita dari meja. 

Menyeka tangan ke meja

Telapak tangan kita seringkali basah oleh keringat dan mengakibatkan licin saat memegang bet. Kita menyiasatinya dengan menyeka tangan ke meja dengan tujuan agar tangan tidak licin saat memegang bet.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/mengapa-pemain-tenis-meja-menyeka.html?m=1

Berikan isyarat kecil kepada lawan

Kita harus meminta maaf atas bola yang menetes ke meja lawan setelah sebelumnya mengenai net/ jaring. Kita juga harus meminta maaf jika bola mendarat di pinggiran meja lawan sehingga menyulitkan lawan dan menghasilkan poin untuk kita. Sebuah isyarat kecil dengan tangan kita yang tidak sedang bermain sudah cukup, tetapi hanya setelah poinnya selesai.

Sepatu khusus tenis meja

Pemain harus memakai sepatu yang dirancang untuk olahraga tenis meja. Dalam situasi apa pun, sepatu basket tidak diperbolehkan.

Bawa air minum ke lapangan

Bawalah air ke lapangan tenis meja hanya dengan botol plastik atau bahan serupa. Kita tidak diperbolehkan membawa minuman menggunakan gelas, seperti kopi Starbucks ke lapangan misalnya. Hahaha..

Menyeberang lapangan

Kita tidak diperbolehkan mengambil bola yang menyeberang ke lapangan yang berdekatan, sementara poin mereka masih berlangsung.

Baju tanpa lengan

Kita tidak diperbolehkan bermain tenis meja dengan mengenakan baju tanpa lengan. Pengecualian diberikan untuk Bernadette Szocs (dan berdasarkan kasus per kasus ke depan).

Servis Spanyol

Kita boleh melakukan "servis Spanyol" (separo nyolong) atau servis ilegal (bagi amatir) asal wasit tidak menegur. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/peraturan-permainan-tenis-meja-jika.html?m=1

Aturan di atas seringkali dan biasa digunakan oleh pemain (amatir), kelas penghobi dan di-amin-kan oleh perangkat pertandingan (wasit). 

Jika kalian ingin menambahkan atau berpendapat silahkan tulis di kolom komentar ya...


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar