Cari Blog Ini

Selasa, 14 Maret 2023

Apa Yang Harus Dilakukan Pelatih Tenis Meja kepada Pemainnya?

 

Pelatih Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Tenis meja sebagai olahraga prestasi membutuhkan jasa pelatih sebagai mentor pemain dalam latihan, terutama pelatihan taktik.
Berikut adalah beberapa tips tentang cara melatih pemain sebelum, selama dan setelah pertandingan.

Bagian dari pelatihan taktik meliputi persiapan, gameplay pertandingan dan analisis pasca pertandingan.
Fokuslah kepada kinerja pemain dan bukan hasil. Pelatih dapat memengaruhi kinerja pemain, tetapi hasilnya tergantung pada persaingan, yang tidak banyak bisa dipengaruhi.

Mempersiapkan pemain untuk pertandingan sangatlah penting untuk memasuki simulasi kompetisi. Namun selain peran dari pelatih, pemain juga perlu menanggapi dengan serius apa yang diinstruksikan oleh pelatih. Pemain juga dituntut memiliki motivasi dan siap secara mental untuk menghadapi situasi yang berbeda. Lakukan atau ambil bagian dalam pengembangan taktik yang dimiliki sendiri. Pemain juga diharapkan dapat menerapkan taktik tanpa ragu-ragu dan memahami pentingnya mengendalikan diri selama pertandingan.

Lakukan pemanasan yang tepat (baik secara fisik maupun pukulan)
Bagaimanapun, sebagai pelatih dalam melakukan ini sangat bergantung pada para pemain. Ini adalah masalah keterampilan sosial pelatih. Dengan kata lain, keahlian membangun komunikasi yang baik dengan pemainnya tak kalah penting dari memberikan pelatihan multiball / bola banyak.

Ada tujuan utama dari pembinaan taktik selama pertandingan. Ini untuk membuat para pemain meningkatkan kekuatan mental dan taktik mereka ke level tertinggi, demi setiap permainan dan setiap poin. Taktik seperti ini bisa diterapkan dengan mencocokkan atau simulasi gameplay.

Apa yang harus dilakukan seorang pelatih ketika pemainnya sedang bertanding?
Silahkan baca link berikut: 👇

https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/bagaimana-cara-melakukan-coaching.html?m=1

Kemudian pasca pertandingan, pelatih sebaiknya melakukan analisis dan evaluasi bersama pemainnya, terlepas hasil pertandingan tersebut menang atau kalah. Hal ini agar si pemain mengetahui apa yang harus diperbaiki kedepan, lebih bagus lagi jika disertai video pertandingannya.

Jika kalian para pelatih membaca artikel ini dan menemui kejanggalan dengan isinya, silahkan berikan kritik dan sarannya di kolom komentar agar kedepan saya bisa memperbaiki atau menambahkan kekurangannya.


Semangat sehat dan salam 🏓

1 komentar: